Meningkatkan Aktivitas Belajar Biologi Siswa Kelas VIII 1 dengan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD di SMPN 1 Ampek Nagari Tahun Pelajaran 2009/ 2010.

Junitawati, Junitawati (2010) Meningkatkan Aktivitas Belajar Biologi Siswa Kelas VIII 1 dengan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD di SMPN 1 Ampek Nagari Tahun Pelajaran 2009/ 2010. Bachelor/Tugas Akhir thesis, Universitas Negeri Padang.

[thumbnail of B1_JUNITAWATI-10229-2011.pdf] Text
B1_JUNITAWATI-10229-2011.pdf

Download (591kB)

Abstract

Permasalahan pembelajaran Biologi Kelas VIII 1 SMPN 1 Ampek Nagari adalah rendahnya aktivitas siswa dalam mengikuti proses belajar mengajar. Rendahnya aktivitas siswa merupakan salah satu penyebab rendahnya hasil belajar siswa. Adapun salah satu cara yang dapat mengaktifkan siswa dalam proses belajar mengajar adalah Model Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD. Model ini adalah suatu model yang dapat melibatkan siswa berperan aktif, dimana dalam model pembelajaran ini siswa belajar dalam kelompok, setelah presentasi kelas oleh guru, masing-masing kelompok harus memastikan anggota kelompoknya sudah paham tentang materi yang dipelajari, karena setelah diskusi kelompok siswa mengikuti kuis dan nilai kelompok merupakan penjumlahan nilai anggota kelompok. Hipotesis tindakan adalah dengan model pembelajaran Kooperatif Tipe STAD dapat meningkatkan aktivitas belajar Biologi siswa kelas VIII 1 di SMPN 1 Ampek Nagari. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan (Action Research) dengan subjek 36 orang siswa kelas VIII 1 dengan menggunakan model pembelajaran Kooperatif Tipe STAD. Penelitian ini dilakukan dua siklus dan masing-masing siklus tiga kali pertemuan dengan materi sistem gerak pada manusia dan sistem pencernaan pada manusia. Penelitian ini melibatkan satu orang peneliti dan satu orang observer. Data diolah dengan persentase. Dari hasil pengolahan data diperoleh, perhatian siswa pada materi pelajaran pada siklus satu 39,8 %, siklus dua 65,7 %, aktivitas menjawab pertanyaan pada siklus satu 46,12 %, siklus dua 65,7 %, aktivitas bertanya pada siklus satu 11,1 %, siklus dua 33,3 %, aktivitas mengajukan pendapat pada siklus satu 62,03%, siklus dua 65,7 % dan aktivitas kerjasama dalam kelompok pada siklus satu 62,03 %, siklus dua 74,06 %. Dari data hasil penelitian terjadi peningkatan aktivitas belajar siswa. Jadi dapat disimpulkan bahwa Model Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD dapat meningkatkan aktifitas belajar siswa dalam proses belajar mengajar Biologi di kelas VIII 1 SMPN 1 Ampek Nagari.

Item Type: Thesis (Bachelor/Tugas Akhir)
Uncontrolled Keywords: Permasalahan pembelajaran, Rendahnya aktivitas siswa, Model Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Q Science > QH Natural history > QH301 Biology
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Biologi-S1
Depositing User: ANDIN ANDIN
Date Deposited: 29 Apr 2025 03:15
Last Modified: 29 Apr 2025 03:15
URI: https://repository.unp.ac.id/id/eprint/8835

Actions (login required)

View Item
View Item