Mayandri, Riki (2013) Analisis Kausalitas pada Buku Sekolah Elektronik Mata Pelajaran Sejarah Kelas XI Semester I. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.
![B1_2_RIKI_MAYANDRI_89229_6461_2013.pdf [thumbnail of B1_2_RIKI_MAYANDRI_89229_6461_2013.pdf]](https://repository.unp.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
B1_2_RIKI_MAYANDRI_89229_6461_2013.pdf
Download (2MB)
Abstract
Penelitian ini berangkat dari latar belakang masalah bahwa buku teks merupakan salah satu sumber belajar yang dapat digunakan oleh siswa dalam pembelajaran, dimana buku tersebut harus memuat materi yang di dalamnya ada fakta, konsep dan prinsip. Begitu juga di dalam materi sejarah, sejarah memiliki disiplin keilmuan yang di dalamnya tertera fakta, konsep dan kausalitas (terdiri dari sebab dan akibat yang lebih dikenal dengan eksplanasi sejarah) yang kesemuanya ditinjau dari gerak perubahan. Salah satu kerateristik materi sejarah adalah prinsip sebab akibat.Oleh sebab itu hubungan sebab akibat dalam materi pelajaran sejarah tersebut harus tergambar jelas di dalam buku teks pelajaran sejarah. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui seberapa besar materi di dalam buku teks pelajaran sejarah SMA menyajikan hubungan sebab akibat dalam setiap gerak perubahan.
Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan tipe studi evaluatif, dimana data diperoleh dari hasil analisis isi yang dilakukan terhadap buku Sekolah Elektronik (BSE) terbitan Pusat Perbukuan sebagai objek penelitian. Pengumpulan data dilakukan melalui studi dokumen dan content analysis.
Dari hasil temuan pada materi kelas XI IPS semester 1 yang terdiri dari 5 Kompetensi Dasar (KD) menunjukan bahwa tidak semua pokok bahasan dalam tiap-tiap KD yang menggambarkan dan menjelaskan hubungan sebab akibat dengan baik.
Berdasarkan hasil analisis menunjukkan bahwa dari segi konsep antara hubungan Sebab akibatdalam gerak sejarah terdapat kelemahan pada buku teks karena dalam beberapa topik yang di bahas masih terdapat kelemahan dari konsep antara sebab lahir, berkembang, mundur, dan runtuh.
Berdasarkan kesimpulan, disarankandalam menulis buku teks sejarah hendaknya para penulis agar tidak mengabaikan penjelasan hubungan sebab akibat dalam gerak sejarah kepada para penulis buku teks. Selain itu diharapan juga padaPusat perbukuan hendaknya lebih memperhatikan kelengkapan materi yang disajikan di dalam buku teks yang akan diterbitkan oleh setiap pengarang buku teks terutama konsep antarahubungan sebab akibat dalam setiap gerak perubahan dalam peristiwa sejarah
Item Type: | Thesis (Bachelor/Skripsi) |
---|---|
Subjects: | D History General and Old World > D History (General) |
Divisions: | Fakultas Ilmu Sosial > Pendidikan Sejarah-S1 |
Depositing User: | Risna Juita S.Sos |
Date Deposited: | 29 Apr 2025 03:12 |
Last Modified: | 29 Apr 2025 03:12 |
URI: | https://repository.unp.ac.id/id/eprint/8827 |