Amalianita, Berru (2021) Kontribusi Harga Diri dan Kebermaknaan Hidup terhadap Subjective Well Being Remaja yang Berlatar Belakang Etnis Minangkabau. Masters/Tesis thesis, Universitas Negeri Padang.
![B1_1_BERRU_AMALIANITA_19151005_4287_2021.pdf [thumbnail of B1_1_BERRU_AMALIANITA_19151005_4287_2021.pdf]](https://repository.unp.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
B1_1_BERRU_AMALIANITA_19151005_4287_2021.pdf
Download (2MB)
Abstract
Subjective well being merupakan salah satu aspek penting bagi remaja
untuk memahami kualitas hidup dan kehidupan sosial. Subjective well being
sangat erat kaitannya dengan budaya Minangkabau, sebagai aspek penting yang
mempengaruhi kekuatan karakter dalam pencapaian remaja menuju kesenangan
dan kepuasaan hidup. Nilai-nilai dari budaya Minangkabau yang khas mempunyai
pengaruh terhadap kognitif, afeksi pada sistem perilaku remaja.Terdapat faktor
kuat yang mempengaruhi subjective well being remaja yaitu harga diri dan
kebermaknaan hidup. Selanjutnya penelitian ini bertujuan untuk 1) Menjelaskan
harga diri, kebermaknaan hidup dan subjective well being remaja, 2) Menguji
kontribusi harga diri dan kebermaknaan hidup terhadap subjective well being serta
harga diri dan kebermaknaan hidup secara bersama-sama terhadap subjective well
being remaja.
Metode dalam penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan
metode deskriptif analitik dan uji beda. Populasi dalam penelitian ini adalah
seluruh siswa Sekolah Menengah Atas yang berlatar belakang Etnis Minangkabau
di Kabupaten Tanah Datar tepatnya di SMA Negeri 1 Batipuh Kabupaten Tanah
Datar berjumlah 515 orang, dengan sampel 182 orang yang dipilih dengan teknik
Proportional Random Sampling. Instrumen penelitian menggunakan skala model
likert. Data dianalisis dengan teknik statistik deskriptif dan analisis regresi linier
sederhana serta berganda dan T test.
Temuan penelitian menunjukkan bahwa: 1) harga diri remaja berada pada
kategori rendah, kebermaknaan hidup berada pada kategori sedang, subjective
well being berada pada kategori tinggi, dan 2) terdapat kontribusi harga diri
terhadap subjective well being sebesar 53,7% (r= 0,773), kontribusi kebermaknaan
hidup terhadap subjective well being sebesar 42,7% (r=0,653), serta harga diri dan
kebermaknaan hidup secara bersama-sama terhadap subjective well being remaja
sebesar 55,3% (R=0,743). Hasil penelitian ini sebagai bahan pertimbangan guru
BK, orang tua, guru kelas dan pihak terkait lainnya untuk pemberian bantuan dan
pengembangan dalam pemenuhan subjective well being remaja Minangkabau.
Item Type: | Thesis (Masters/Tesis) |
---|---|
Subjects: | B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology L Education > L Education (General) |
Divisions: | Sekolah Pascasarjana > Bimbingan dan Konseleling-S2 |
Depositing User: | Sudia Ajjronisa S.Sos |
Date Deposited: | 29 Apr 2025 02:44 |
Last Modified: | 29 Apr 2025 02:44 |
URI: | https://repository.unp.ac.id/id/eprint/8822 |