Pengembangan E-Modul Permainan Tradisional dalam Menstimulasi Perilaku Prososial Anak Usia Dini

Buadanani, Buadanani (2023) Pengembangan E-Modul Permainan Tradisional dalam Menstimulasi Perilaku Prososial Anak Usia Dini. Masters/Tesis thesis, Universitas Negeri Padang.

[thumbnail of B1_1_BUADANANI _20330036_536_2023.pdf] Text
B1_1_BUADANANI _20330036_536_2023.pdf

Download (317kB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh beberapa hal yang peneliti temukan pada
riset awal. Perilaku prososial pada anak masih belum tampak dimana stimulasi
perilaku
prososial
belum memiliki program kegiatan khusus dalam
mengembangkannya. Anak membutuhkan kegiatan bermain yang menarik dan
menyenangkan dalam pembelajaran untuk melatih perilaku prososial serta belum
adanya inovasi bahan ajar untuk menstimulasi periaku prososial pada anak usia
dini . Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan sebuah produk berupa e-modul
permainan tradisional dalam menstimulasi perilaku prososial anak usia dini.
Perilaku prososial mengacu pada tindakan sukarela yang dimaksudkan untuk
membantu atau memberikan kebaikan kepada individu atau kelompok lain. Jenis
penelitian ini adalah Research and Development dengan model ADDIE (Analysis,
Design, Development, Implementation dan Evaluation). Instrumen pengumpulan
data dalam penelitian ini berupa angket untuk uji validitas, praktikalitas, dan
efektifitas. Teknik analisis data dalam penelitian ini menggunakan analisis data
kualitatif dan kuantitatif. Instrumen pengumpulan data dalam penelitian ini berupa
angket untuk uji validitas, praktikalitas dan uji efektifitas. Berdasarkan hasil uji
validitas e-modul permainan tradisional oleh para ahli diperoleh persentase 88.7 %
dengan kategori sangat valid dan hasil validasi media diperoleh persentase 90%
dengan kategori sangat valid, hasil uji praktikalitas respon kepala sekolah dan guru
saat FGD diperoleh persentase 92 % dengan kategori sangat praktis, hasil
praktikalitas uji coba produk diperoleh persentase 93 % dengan kategori sangat
praktis dan uji praktikalitas setelah implementasi diperoleh persentase 95 %
dengan kategori sangat praktis. Hasi efektivitas menggunakan instrument yang
diamati oleh guru dan peneliti pada uji coba produk diperoleh persentase 80 %
dengan kategori sangat efektiv dan hasil uji efektivitas pada implementasi
diperoleh persentase 87.6 % dengan kategori sangat efektiv. Berdasarkan hasil
penelitian dapat disimpulkan bahwa pengembangan e-modul permainan tradisional
dalam menstimulasi perilaku prososial anak usia dini valid, praktis dan efektiv.

Item Type: Thesis (Masters/Tesis)
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Sekolah Pascasarjana > Pendidikan Guru PAUD-S2
Depositing User: Sudia Ajjronisa S.Sos
Date Deposited: 29 Apr 2025 02:41
Last Modified: 29 Apr 2025 02:41
URI: https://repository.unp.ac.id/id/eprint/8809

Actions (login required)

View Item
View Item