Persepsi Guru Terhadap Penyusunan Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP) Pada Mata Pelajaran Teknologi Informasi dan Komunikasi (TI&K) dalam Musyawarah Guru Mata Pelajaran (MGMP) SMP di Kota Padang

Hidayat, Ulfa (2012) Persepsi Guru Terhadap Penyusunan Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP) Pada Mata Pelajaran Teknologi Informasi dan Komunikasi (TI&K) dalam Musyawarah Guru Mata Pelajaran (MGMP) SMP di Kota Padang. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[thumbnail of B1_3_ULFA_HIDAYAT_88382_2093_2012.pdf] Text
B1_3_ULFA_HIDAYAT_88382_2093_2012.pdf

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk memperoleh informasi tentang Persepsi guru terhadap penyusunan kurikulum tingkat satuan pendidikan (KTSP) dalam Musyawarah Guru Mata Pelajaran (MGMP) Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) SMP di Kota Padang. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif yang bersifat deskriptif yaitu mengungkapkan fenomena sebagaimana adanya. Populasi dalam penelitian ini adalah guru mata pelajaran Teknologi Informasi di SMPN Kota Padang yang terdaftar dalam musyawarah guru mata pelajaran (MGMP) yang bejumlah 51 orang. Jenis penelitian ini adalah kuantitatif, yaitu penelitian bersifat deskriptif. Teknik yang digunakan dalam pengambilan sampel adalah total sampling, yaitu semua guru yang terdaftar dalam Musyawarah Guru Mata Pelajaran (MGMP) yang berjumlah 51 orang. Teknik dan alat pengumpul data dalam penelitian ini adalah angket, sedangkan teknik analisa data menggunakan teknik persentase serta mendiskripsikan dan membahas data yang telah diolah dalam tabel. Hasil penelitian ini mengungkapkan bahwa tingkat pencapaian persepsi guru terhadap penyusunan Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP) pada Mata Pelajaran Teknologi Informasi dan Komunikasi (TI & K) di kota Padang memperoleh tingkat pencapaian sebesar 78,8 %. Hal ini terdapat pada rentangan 70% - 79% pada kriteria penafsiran (Sudjana 1992), sehingga tingkat pencapaian Persepsi Guru Terhadap Penyusunan Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP) Pada Mata Pelajaran Teknologi Informasi dan Komunikasi(TI&K) dalam Musyawarah Guru Mata Pelajaran (MGMP) SMP di Kota Padang hanya dapat dikategorikan cukup. Guru hanya menganggap penyusunan Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP) merupakan kegiatan yang belum berarti.

Item Type: Thesis (Bachelor/Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Persepsi, KTSP, MGMP, TIK
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Teknologi Pendidikan-S1
Depositing User: MUKHLIS MUKHLIS
Date Deposited: 29 Apr 2025 02:40
Last Modified: 29 Apr 2025 02:41
URI: https://repository.unp.ac.id/id/eprint/8806

Actions (login required)

View Item
View Item