Afriani, Rika (2012) Pengaruh Motivasi, Minat Belajar dan Penyediaan Fasilitas Belajar di Rumah Terhadap Hasil Belajar Ekonomi Siswa Kelas X di SMAN 4 Padang. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.
![B1_2_RIKA_AFRIANI_88595_1746_2012.pdf [thumbnail of B1_2_RIKA_AFRIANI_88595_1746_2012.pdf]](https://repository.unp.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
B1_2_RIKA_AFRIANI_88595_1746_2012.pdf
Download (574kB)
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis (1) pengaruh motivasi
ekstrinsik terhadap hasil belajar ekonomi siswa kelas X di SMAN 4 padang (2)
pengaruh minat belajar terhadap hasil belajar ekonomi siswa kelas X di SMAN 4
Padang (3) pengaruh penyediaan fasilitas belajar terhadap hasil belajar ekonomi
siswa kelas X di SMAN 4 Padang (4) pengaruh motivasi ekstrinsik, minat belajar
dan penyediaan fasilitas belajar di rumah terhadap hasil belajar ekonomi siswa
kelas X di SMAN 4 Padang.
Jenis penelitian ini adalah kuantitatif. Populasi penelitian ini adalah
seluruh siswa kelas X SMAN 4 Padang yang terdaftar pada tahun ajaran
2010/2011, berjumlah 280 orang. Teknik penarikan sampel dengan proportional
random sampling dengan jumlah sampel sebanyak 74 orang. Teknik analisis data
adalah analisis deskriptif dan analisis inferensial.
Hasil penelitian menunjukan bahwa (1) terdapat pengaruh yang negatif
dan signifikan antara motivasi ekstrinsik terhadap hasil belajar ekonomi dengan
tingkat signifikan 0,000 < α = 0,05 dan tingkat pengaruhnya sebesar - 0,724, (2)
terdapat pengaruh positif yang signifikan antara minat belajar dengan hasil belajar
ekonomi siswa dengan tingkat signifikan 0,035 < α = 0,05 dan tingkat
pengaruhnya sebesar 0,306 (3) terdapat pengaruh positif yang signifikan antara
penyediaan fasilitas belajar di rumah terhadap hasil belajar belajar ekonomi siswa
dengan tingkat signifikan 0,010 < α = 0,05 dan tingkat pengaruhnya sebesar
0,398, (4) terdapat pengaruh yang signifikan antara motivasi ekstrinsik, minat
belajar dan penyediaan fasilitas belajar di rumah terhadap hasil belajar ekonomi
siswa kelas X di SMAN 4 Padang. Dengan tingkat sumbangan bersama-sama
sebesar 0,245 yaitu 24,50 %, ini berarti 75,50 % ditentukan oleh faktor lain.
Berdasarkan hasil penelitian di atas, disarankan kepada guru di SMAN 4
Padang untuk lebih meningkatkan motivasi, khususnya motivasi ekstrinsik serta
minat belajar siswa, agar dapat membantu meningkatkan hasil belajar ekonomi
siswa. Bagi orang tua di rumah agar dapat menyediakan fasilitas belajar di rumah
sehingga dapat membantu meningkatkan hasil belajar ekonomi siswa. Dan kepada
Pihak sekolah agar dapat menyediakan fasilitas belajar di sekolah, agar siswa
yang masih kurang lengkap fasilitas belajar di rumahnya dapat menggunakan
fasilitas belajar di sekolah.
Item Type: | Thesis (Bachelor/Skripsi) |
---|---|
Subjects: | H Social Sciences > HB Economic Theory L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools |
Divisions: | Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Pendidikan Ekonomi-S1 |
Depositing User: | Risna Juita S.Sos |
Date Deposited: | 29 Apr 2025 02:39 |
Last Modified: | 29 Apr 2025 02:39 |
URI: | https://repository.unp.ac.id/id/eprint/8801 |