Setiawan, Budi (2019) Perbedaan Hasil Belajar Siswa Tema 4 menggunakan Model Project Based Learning dengan Problem Based Learning dan Self Efficacy Kelas V Sekolah Dasar. Masters/Tesis thesis, Universitas Negeri Padang.
![B1_1_BUDI_SETIAWAN_17124011_535_2019.pdf [thumbnail of B1_1_BUDI_SETIAWAN_17124011_535_2019.pdf]](https://repository.unp.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
B1_1_BUDI_SETIAWAN_17124011_535_2019.pdf
Download (1MB)
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan perbedaan hasil belajar
siswa pada Tema 4 Subtema 1 menggunakan model PjBL dengan model PBL dan
Self Efficacy Kelas V Sekolah Dasar Kartika 1-11 Kecamatan Padang Timur.
Jenis penelitian ini menggunakan Factorial design. Teknik sampelnya
yaitu probability sampling dengan jenis proportionate stratified random
sampling. Sampel dalam penelitian adalah kelompok eksperimen I kelas VE
menggunakan Model PjBL dan kelompok eksperimen II kelas VB menggunakan
Model PBL masing-masing berjumlah 21 dan 22 siswa. Instrumen penelitiannya
yaitu tes objektif dan angket Self Efficacy. Teknik analisis data yang digunakan
adalah Uji T dan Anova Dua Arah melalui uji normalitas dan uji homogenitas.
Berdasarkan hasil penelitian hasil belajar dan Self Efficacy yang diujikan
dan diolah menggunakan Uji T dan Anova Dua Arah. Hasil perhitungan
Perbedaan hasil belajar siswa menggunakan model PjBL dengan model PBL
diperoleh thitung > ttabel, yaitu
>2,079614 pada taraf signifikansi
.
Selanjutnya hasil perhitungn Perbedaan Hasil Belajar Siswa yang memiliki Self
Efficacy Tinggi diperoleh thitung > ttabel, yaitu
> 2,178813 pada taraf
signifikansi
. Setelah itu, hasil perhitungn Perbedaan Hasil Belajar Siswa
yang memiliki Self Efficacy Rendah diperoleh thitung > ttabel, yaitu
> 2,262157
pada taraf signifikansi
. Kemudian Interaksi antara model PjBL dengan
model PBL dan Self Efficacy terhadap Hasil Belajar Siswa diperoleh Fhitung > Ftabel,
yaitu
> 4,09 pada taraf signifikansi
Jadi, dapat disimpulkan bahwa
terdapat perbedaan yang signifikan Hasil Belajar Siswa Tema 4 Subtema 1
menggunakan model PjBL dengan model PBL dan Self Efficacy Kelas V Sekolah
Dasar.
Item Type: | Thesis (Masters/Tesis) |
---|---|
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education |
Divisions: | Sekolah Pascasarjana > Pendidikan Dasar-S2 |
Depositing User: | Sudia Ajjronisa S.Sos |
Date Deposited: | 29 Apr 2025 02:38 |
Last Modified: | 29 Apr 2025 02:38 |
URI: | https://repository.unp.ac.id/id/eprint/8800 |