Bustanuddin, Bustanuddin (2012) Penggunaan Metode Quantum Teaching dalam Meningkatkan Motivasi dan Hasil Belajar Matematika Peserta didik di Kelas III SDN. 6 Kumanis Kecamatan Sumpur Kudus Kabupaten Sijunjung. Masters/Tesis thesis, Universitas Negeri Padang.
![B1_1_BUSTANUDDIN_51717_3979_2014.pdf [thumbnail of B1_1_BUSTANUDDIN_51717_3979_2014.pdf]](https://repository.unp.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
B1_1_BUSTANUDDIN_51717_3979_2014.pdf
Download (1MB)
Abstract
Pelajaran matematika merupakan salah satu pelajaran yang kurang disukai
oleh sebagian peserta didik,sedangkan mata pelajaran matematika sangat erat
kaitannya dengan pelajaran lain. Pelajaran matematika akan menyenangkan jika
diajarkan pada lingkungan belajar yang memudahkan proses pembelajaran peserta
didik. Salah satu alternatif upaya menciptakan lingkungan belajar yang aktif dan
menyenangkan bagi peserta didik adalah dengan menggunakan metode Quantum
Teaching. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah
pembelajaran dengan metode Quantum Teaching dapat meningkatkan motivasi
dan hasil belajar matematika peserta didik di kelas III SD Negeri 6 Kumanis pada
pokok bahasan luas dan keliling bangun datar persegi dan persegi panjang.
Penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (Classroom Action Research)
Pada mata pelajaran matematika. Peneliti bertindak lansung sebagai peneliti
internal. Subjek penelitian ini adalah peserta didik kelas III SDN. 6 Kumanis
Kecamatan Sumpur Kudus Kabupaten Sijunjung. Penelitian ini terdiri dari dua
siklus, yang setiap siklusnya terdiri dari perencanaan, pelaksanaan, observasi dan
refleksi. Setiap siklus terdiri dari dua kali pertemuan tatap muka. Instrumen
penelitian berupa angket, lembar observasi dan tes hasil belajar. Analisa data yang
digunakan adalah statistik deskriptif untuk melihat peningkatan motivasi dan hasil
belajar peserta didik. Hasil analisis data menunjukan terjadinya peningkatan
motivasi dan hasil belajar peserta didik. Rata-rata skor motivasi peserta didik dari
kedua siklus penelitian mengalami peningkatan rata-rata dari skor 50,71 menjadi
83,75. Rata-rata hasil belajar peserta didik juga mengalami peningkatan dari
siklus I ke siklus II yaitu dari 72,73 menjadi 86,35. Dari hasil data yang diperoleh
dapat disimpulkan bahwa dengan menggunakan metode Quantum Teaching dalam
pembelajaran dapat meningkatkan motivasi peserta didik serta dapat
meningkatkan hasil belajar matematika peserta didik.
Item Type: | Thesis (Masters/Tesis) |
---|---|
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education |
Divisions: | Sekolah Pascasarjana > Pendidikan Dasar-S2 |
Depositing User: | Sudia Ajjronisa S.Sos |
Date Deposited: | 29 Apr 2025 02:07 |
Last Modified: | 29 Apr 2025 02:07 |
URI: | https://repository.unp.ac.id/id/eprint/8782 |