Peningkatan Motivasi dan Kemampuan Pemecahan Masalah Peserta Didik pada Pembelajaran Matematika dengan Metode Problem Solving di Kelas V SD Negeri 07 Koto Alam Kecamatan Palembayan

Halomoan, Halomoan (2020) Peningkatan Motivasi dan Kemampuan Pemecahan Masalah Peserta Didik pada Pembelajaran Matematika dengan Metode Problem Solving di Kelas V SD Negeri 07 Koto Alam Kecamatan Palembayan. Masters/Tesis thesis, Universitas Negeri Padang.

[thumbnail of B1_1_HALOMOAN_16124032_1389_2021.pdf] Text
B1_1_HALOMOAN_16124032_1389_2021.pdf

Download (797kB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya motivasi belajar dan
kemampuan pemecahan masalah matematik peserta didik dalam pembelajaran
Matematika di kelas V SD Negari 07 Koto Alam Kecamatan Palembayan. Hal ini
disebabkan karena guru belum memberikan memberikan kesempatan pada peserta
didik untuk terlibat aktif dalam pembelajaran, aktif mengkonstruksi pengetahuan
matematika dan belum mampu memotivasi peserta didik agar tertarik untuk
belajar matematika. Tujuan penelitian ini mendeskripsikan peningkatan motivasi
belajar dan kemampuan pemecahan masalah matematik peserta didik dengan
menggunakan metode Problem Solving.
Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan empat
tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi. Penelitian ini
terdiri dari dua siklus dengan enam kali pertemuan. Penelitian ini menggunakan
pendekatan kualitatif dan pendekatan kuantitatif. Instrumen yang digunakan
angket motivasi belajar matematika, lembar observasi/pengamatan, dan hasil tes
dengan subjek guru dan peserta didik kelas V SD Negari 07 Koto Alam
Kecamatan Palembayan.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa metode Problem Solving dapat
meningkatkan motivasi belajar dan kemampuan pemecahan masalah peserta didik.
Pada siklus I motivasi belajar memperoleh persentasi nilai rataan 74,97 dengan
kategori sedang, meningkat menjadi 83,56 dengan kategori tinggi pada siklus II.
Sedangkan kemampuan pemecahan masalah pada siklus I memperoleh persentasi
nilai rataan 58,78 dengan kategori sedang, meningkat menjadi 90,33 dengan
kategori baik pada siklus II. Jadi dapat disimpulkan bahwa pembelajaran
Matematika dengan menggunakan metode Problem Solving dapat meningkatkan
motivasi belajar dan kemampuan pemecahan masalah peserta didik kelas V SD
Negari 07 Koto Alam Kecamatan Palembayan.

Item Type: Thesis (Masters/Tesis)
Uncontrolled Keywords: MOTIVASI BELAJAR, KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH, PEMBELAJARAN MATEMATIKA, METODE PROBLEM SOLVING
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Sekolah Pascasarjana > Pendidikan Dasar-S2
Depositing User: Umma Mardhotillah A.Md.
Date Deposited: 28 Apr 2025 09:04
Last Modified: 28 Apr 2025 09:04
URI: https://repository.unp.ac.id/id/eprint/8755

Actions (login required)

View Item
View Item