Upaya Mengurangi Ukuran Tulisan dalam Menulis Kata Benda melalui Letter Writer pada Anak Tunagrahita Ringan Kelas X: Single Subject Research di SLB YPAC Sumbar

Fadli, Nurul (2012) Upaya Mengurangi Ukuran Tulisan dalam Menulis Kata Benda melalui Letter Writer pada Anak Tunagrahita Ringan Kelas X: Single Subject Research di SLB YPAC Sumbar. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[thumbnail of B1_2_NURUL_FADHLI_83071_1079_2012.pdf] Text
B1_2_NURUL_FADHLI_83071_1079_2012.pdf

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh permasalahan yang terjadi pada siswa tunagrahita ringan di SLB YPAC Sumbar yang memiliki permasalahan dalam menulis. Dari hasil pengamatan terlihat tulisan yang ditulis anak terlalu besar
yaitu dengan menggunakan dua garis buku tulis dibanding tulisan pada umumnya.Maka, penulis membantu mengurangi ukuran tulisan dengan menggunakan Letter Writer sebagai alat bantu bagi siswa dalam latihan menulis. Penelitian ini
bertujuan untuk mengetahui apakah penggunaan Letter Writer dapat membantu dalam upaya mengurangi ukuran tulisan siswa tunagrahita ringan. Penelitian ini menggunakan pendekatan Single Subject Research (SSR),dengan disain A–B dan teknik analisis datanya menggunakan analisis visual grafik. Subjek penelitian adalah tunagrahita ringan X, yang diberikan perlakuan dengan latihan menulis menggunakan Letter Writer, dengan menghitung berapa jumlah kata benda yang ditulis dengan menggunakan dua garis buku tulis (ukuran tulisan yang masih besar). Pengamatan dilaksanakan menggunakan pencatatan
frekuensi dengan mencatat banyaknya jumlah kata benda yang ditulis dengan menggunakan dua garis buku tulis.
Pada kondisi Baseline, frekuensi kata benda yang ditulis oleh anak X dengan menggunakan dua garis buku tulis untuk setiap kata dari sepuluh kata yang disebutkan pada hari pertama sampai hari ketujuh sebanyak sepuluh kata,
artinya tulisan anak masih besar. Pada kondisi Intervensi hari pertama, ukuran tulisan yang ditulis dengan menggunakan dua garis buku tulis frekuensinya sebanyak enam kata, pada pertemuan kedua sebanyak lima kata yang masih ditulis
dengan menggunakan dua garis buku tulis, pada pertemuan ketiga ada empat kata yang masih ditulis dengan menggunakan dua garis buku tulis, lalu pada pertemuan keempat dan kelima ada dua kata yang ditulis dengan menggunakan
dua garis buku tulis, namun pada pertemuan keenam sampai kedelapan ada tiga kata benda yang masih ditulis dengan menggunakan dua garis buku tulis, pada tiga pertemuan terakhir frekuensinya tetap sebanyak tiga kata yang berukuran besar (kata yang ditulis dengan menggunakan dua garis buku tulis). Berdasarkan hasil tersebut dapat disimpulkan bahwa penggunaan Letter Writer dapat
membantu dalan upaya mengurangi ukuran tulisan anak tunagrahita ringan di SLB YPAC Sumbar. Disarankan pada guru hendaknya sering menggunakan Letter Writer dalam mengajarkan menulis pada tunagrahita ringan.

Item Type: Thesis (Bachelor/Skripsi)
Subjects: L Education > LC Special aspects of education
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Luar Biasa-S1
Depositing User: Sri Yulianti S.IP
Date Deposited: 28 Apr 2025 09:03
Last Modified: 28 Apr 2025 09:03
URI: https://repository.unp.ac.id/id/eprint/8754

Actions (login required)

View Item
View Item