Gusniwati, Gusniwati (2012) Penilaian Guru Pamong terhadap Kemampuan Mengajar Guru Praktik Program Pengalaman Lapangan Kependidikan (PPLK) di SMK N 1 Pariaman. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.
![B1_2_GUSNIWATI_00530.pdf [thumbnail of B1_2_GUSNIWATI_00530.pdf]](https://repository.unp.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
B1_2_GUSNIWATI_00530.pdf
Download (491kB)
Abstract
Penelitian ini untuk mengungkap dan melihat ada atau tidaknya hubungan yang signifikan antara penilaian guru pamong melalui wawancara terhadap kemampuan mengajar mahasiswa praktik PPLK di SMK N 1 Pariaman pada periode Juli-Desember 2011 dengan penilaian guru pamong melalui buku nilai, yang didasarkan dokumentasi yang ada dan observasi yang penulis lakukan di SMKN 1 Pariaman. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif yang bersifat korelasional yang bertujuan untuk mengetahui signifikansi terbukti tidaknya suatu realitas atau hubungan pada penilaian guru pamong melalui wawancara terhadap kemampuan mengajar mahasiswa praktik PPLK di SMK N 1 Pariaman dengan penilaian guru pamong melalui buku nilai. Populasi dalam penelitian ini berjumlah 11 orang. Sampel untuk penelitian diambil dari keseluruhan populasi yang ada (total sampling), yakni guru-guru SMK N 1 Pariaman yang tercatat sebagai guru pamong pada periode Juli-Desmber 2011. Data penelitian ini terdiri dari data primer yang diperoleh langsung dari responden dengan instrument berupa wawancara penelitian mengenai penilaian guru pamong terhadap kemampuan mengajar guru praktik PPLK, dan data sekunder didapat dari data sekolah dan kantor UPPL yaitu jumlah guru-guru SMK N 1 Pariaman yang tercatat sebagai guru pamong periode Juli-Desember 2011 dan buku nilai mahasiswa PPLK. Hasil dari penelitian ini menunjukan bahwa penilaian guru pamong melalui wawancara terhadap kemamapuan mengajar mahasiswa praktik PPLK dengan penilaian guru pamong melalui buku nilai kurang konsisten. Hal ini disebabkan karena jarak penilaian guru pamong yang diungkap melalui wawancara dengan penilaian guru pamong melalui buku nilai terlalu lama (sekitar 4 bulan), penilaian guru pamong melalui wawancara yaitu secara langsung, sedangkan penilaian guru pamong melalui buku nilai tidak langsung, selain itu penilaian melalui buku nilai tidak sepenuhnya diisi guru pamong, melainkan diserahkan kepada mahasiswa. Selanjutnya tidak terdapat hubungan yang signifikan antara penilaian guru pamong melalui wawancara terhadap kemampuan mengajar mahasiswa praktik PPLK dengan penilaian guru pamong melalui buku nilai karena probabilitas > 0.05 (yaitu 0.613) dengan nilai korelasi 0.172 maka dinyatakan Ho diterima dan kedua variabel memiliki hubungan yang sangat rendah.
Item Type: | Thesis (Bachelor/Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | KEMAMPUAN MENGAJAR MAHASISWA |
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Teknik > Pendidikan Teknik Bangunan-S1 |
Depositing User: | Fitri Yelli S.Sos |
Date Deposited: | 28 Apr 2025 08:39 |
Last Modified: | 28 Apr 2025 08:39 |
URI: | https://repository.unp.ac.id/id/eprint/8749 |