Studi Kecerdasan Emosional dan Hubungannya dengan Hasil Belajar Biologi Siswa Kelas IX SMP Negeri 35 Padang Tahun Pelajaran 2015/2016

Zakia, Annisa (2016) Studi Kecerdasan Emosional dan Hubungannya dengan Hasil Belajar Biologi Siswa Kelas IX SMP Negeri 35 Padang Tahun Pelajaran 2015/2016. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[thumbnail of B1_03_ANNISA_ZAKIA_1205581_3245_2016.pdf] Text
B1_03_ANNISA_ZAKIA_1205581_3245_2016.pdf

Download (2MB)

Abstract

Ada berbagai hal yang mempengaruhi hasil belajar siswa antara lainkualitas guru, suasana sekolah, kedisiplinan serta tingkat kecerdasan emosional siswa. Kecerdasan emosinal adalah suatu kecerdasan sosial yang berkaitan dengan kemampuan seseorang dalam memantau baik emosi dirinya dengan emosi oranglain, dan kemampuan membedakan emosi dirinya dengan emosi orang lain,dimana kemampuan ini digunakan untuk mengarahkan pola pikir dan prilaku.Remaja, khususnya siswa sekarang ini banyak mengalami masalah emosional.Banyak siswa yang kasar terhadap orang lain, suka bertengkar, depresi, kurang semangat, bertindak tanpa berpikir yang akhirnya berpengaruh terhadap hasil belajarnya. Berdasarkan hal itu dilakukan penelitian yang bertujuan untuk melihat tingkat kecerdasan emosional diri sendiri dan orang lain dan hubungan antaratingkat kecerdasan emosional diri sendiri dan orang lain dengan hasil belajar Biologi siswa kelas IX SMPN 35 Padang.Penelitian ini merupakan penelitian Deskriptif. Populasi dalam penelitianadalah seluruh siswa kelas IX SMPN 35 Padang dengan pengambilan sampel dilakukan secara acak dengan sampel 42 orang siswa. Pengumpulan data inimengunakan angket dengan 50 butir pertanyaan. Data yang diperoleh dianalisisdengan mengunakan korelasi product moment.Hasil penelitian uji korelasi dengan mengunakan teknik product moment dihasilkan nilai koefisien korelasi yaitu masing-masing 0,60 dan 0,61. Hal inimenunjukan bahwa terdapat hubungan yang signifikan antara kecerdasan emosional diri sendiri (X1) dan kecrdasan emosional terhadap orang lain (X2)terhadap hasil belajar (Y). Koefisien determinasi sebesar 0,36 dan 0,37 artinya kecerdasan emosional diri sendiri dan orang lain memberikan konstribusi sebesar36% dan 37% terhadap hasil belajar. Dari uji t disimpulkan bahwa emosional terhadap orang lain yang lebih berpengaruh terhadap hasil belajar biologi dibanding emosional diri sendiri dengan diperoleh nilai t1 = 4,73 dan t2 = 4,87.

Item Type: Thesis (Bachelor/Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Kecerdasan eosional, Hubungan, Hasil belajar biologi
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology
L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Biologi-S1
Depositing User: AKILMI AKILMI
Date Deposited: 28 Apr 2025 08:36
Last Modified: 28 Apr 2025 08:36
URI: https://repository.unp.ac.id/id/eprint/8714

Actions (login required)

View Item
View Item