Sisviona, Tika (2021) Efektivitas Penggunaan Media Pembelajaran Big Book untuk Meningkatkan Kemampuan Membaca Permulaan bagi Anak Berkesulitan Belajar Kelas II SDN 05 Kapalo Koto. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.
![B1_2_TIKA_SISVIONA_14003086_3601_2021.pdf [thumbnail of B1_2_TIKA_SISVIONA_14003086_3601_2021.pdf]](https://repository.unp.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
B1_2_TIKA_SISVIONA_14003086_3601_2021.pdf
Download (2MB)
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh permasalahan yang ada di lapangan yaitu seorang anak berkesulitan belajar di SDN 05 Kapalo Koto yang mengalami kesulitan dalam bidang membaca yaitu membaca permulaan seperti, membaca kata walaupun sebelumnya telah dijarkan dengan menggunakan media langsung. Berdasarkan hal tersebut maka penelitian ini bertujuan untuk membuktikan efektivitas penggunaan media pembelajaran big book untuk meningkatkan kemampuan Membaca Permulaan bagi Anak Berkesulitan Belajar kelas II SDN 05 Kapalo Koto. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen dalam bentuk single subject research (SSR) dengan disain penelitian A-B-A. Subjek penelitiannya adalah seorang anak Berkesulitan Belajar. Teknik pengumpulan data berupa tes perbuatan dan alat pengumpulan data menggunakan observasi langsung. Data dianalisis menggunakan teknik analisis data visual grafik. Berdasarkan hasil analisis dalam kondisi dan antar kondisi menyatakan bahwa kemampuan membaca permulaan yaitu membaca kata meningkat secara positif setelah diberikan intervensi dengan menggunakan media pembelajaran big book. Terbukti bahwa penggunaan media pembelajaran big book efektif dalam meningkatkan kemampuan membaca permulaan anak berkesulitan belajar.
Item Type: | Thesis (Bachelor/Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Berkesulitan belajar, Membaca permulaan, Big book |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education P Language and Literature > PN Literature (General) |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Luar Biasa-S1 |
Depositing User: | KEISHA KEISHA |
Date Deposited: | 28 Apr 2025 08:35 |
Last Modified: | 28 Apr 2025 08:35 |
URI: | https://repository.unp.ac.id/id/eprint/8699 |