Pengaruh Metode Pembelajaran Berbasis Masalah dengan Memanfaatkan Multimedia Pembelajaran terhadap Hasil Belajar Teknologi Informasi dan Komunikasi Siswa Kelas X SMA N 1 Harau

Yuliandra, Rengga (2012) Pengaruh Metode Pembelajaran Berbasis Masalah dengan Memanfaatkan Multimedia Pembelajaran terhadap Hasil Belajar Teknologi Informasi dan Komunikasi Siswa Kelas X SMA N 1 Harau. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[thumbnail of B1_3_RENGGA YULIANDRA_87916_6840_2012.pdf] Text
B1_3_RENGGA YULIANDRA_87916_6840_2012.pdf

Download (1MB)

Abstract

Berdasarkan hasil observasi yang dilakukan di SMA Negeri 1 Harau, terlihat proses pembelajaran TI&K saat ini masih terpusat pada guru. Pembelajaran dimulai dari fase persiapan, demonstrasi, pelatihan terbimbing, umpan balik, dan pelatihan lanjut (mandiri). Meskipun tidak dominan menggunakan metode ceramah, namun langkah-langkah tersebut masih berpusat pada guru sehingga dikhawatirkan siswa akan cepat bosan dan kurang aktif dalam pembelajaran. Hasil belajar yang diperoleh dengan pembelajaran seperti ini ternyata kurang optimal. Penelitian ini bertujuan untuk mengungkapkan pengaruh pembelajaran berbasis masalah dengan memanfaatkan multimedia pembelajaran terhadap hasil belajar TI&K siswa kelas X SMA N 1 Harau. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan model quasy exsperiment. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas X SMA Negeri 1 Harau, pada tahun ajaran 2011/2012. Teknik penarikan sampel yang dilakukan dalam penelitian ini adalah dengan purposive sampling, sehingga yang menjadi sampel adalah siswa kelas X SMA Negeri 1 Harau (kelas eksperimen) dan siswa kelas X 8 7 SMA Negeri 1 Harau (kelas kontrol). Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan tes hasil belajar dan alat pengumpul data yaitu lembaran soal tes dalam bentuk soal objektif sebanyak 40 butir soal, kemudian data nilai siswa dianalisis dengan uji t. Dari hasil penelitian, kelompok eksperimen yang menggunakan metode Pembelajaran Berbasis Masalah dengan memanfaatkan multimedia pembelajaran nilai rata-ratanya adalah 79,18 dengan standar deviasi ( SD ) 6,84 dan nilai ratarata kelompok kontrol yang menggunakan metode konvensional adalah 72,63 dengan standar deviasi (SD) 7,76. Hasil uji t hitung > t , yaitu 3,85 > 2,000 menunjukkan bahwa terdapat perbedaan yang signifikan antara kedua kelas tersebut. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa penggunaan metode Pembelajaran Berbasis Masalah dengan memanfaatkan multimedia pembelajaran berpengaruh secara signifikan terhadap hasil belajar TI&K siswa kelas X di SMA Negeri 1 Harau pada taraf kepercayaan α 0,05.

Item Type: Thesis (Bachelor/Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Multimedia, TIK Metode Pembelajaran
Subjects: L Education > L Education (General)
T Technology > T Technology (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Teknologi Pendidikan-S1
Depositing User: FAUZZIYAH FAUZZIYAH
Date Deposited: 28 Apr 2025 08:32
Last Modified: 28 Apr 2025 08:32
URI: https://repository.unp.ac.id/id/eprint/8673

Actions (login required)

View Item
View Item