Pengembangan Modul Bimbingan Konseling Untuk Peningkatan Pemahaman Siswa Tentang Perilaku Gay

Gusnaldi., Gusnaldi. (2020) Pengembangan Modul Bimbingan Konseling Untuk Peningkatan Pemahaman Siswa Tentang Perilaku Gay. Masters/Tesis thesis, Universitas Negeri Padang.

[thumbnail of B1_1_GUSNALDI_17151023_1895_2022.pdf] Text
B1_1_GUSNALDI_17151023_1895_2022.pdf

Download (640kB)

Abstract

Komunitas Gay sudah ada dimana-mana termasuk di kota Padang.
Berdasarkan survey dilakukan oleh Badan Perencanaan Pembangunan Daerah
Sumatera Barat Tahun 2017, Kota Padang tercatat sebagai daerah terbanyak
komunitas Gay di Sumatera Barat, dan peringkat pertama Komunitas Gay secara
Nasional. Untuk itu perlu adanya pencegahan terhadap perilaku Gay. Salah satu
cara yang bisa dilakukan untuk membantu siswa dalam pencegahan perilaku
Gay adalah memberikan media yang menarik berupa modul peningkatan
pemahaman tentang Gay. Tujuan penelitian ini adalah 1) merumuskan modul
pelayanan bimbingan dan konseling untuk membantu pencegahan perilaku Gay
oleh peserta didik di SMA, 2) Mendeskripsikan tingkat keterpakaian modul
pelayanan bimbingan dan konseling untuk membantu pencegahan perilaku Gay
oleh peserta didik di SMA.
Penelitian ini menggunakan sampel yaitu siswa SMA di Kota Padang.
Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian pengembangan dengan
mengikuti langkah pengembangan ADDIE (Analyze, Design, Development,
Implementation, and Evaluation). Subjek uji coba penelitian terdiri dari tiga
orang ahli untuk menguji kelayakan tampilan modul, tiga orang ahli untuk
menguji kelayakan isi modul dan tiga orang Guru BK/Konselor untuk menguji
keterpakaian modul. Data hasil penelitian dianalisis menggunakan analisis
deskriptif dan statistik nonparametrik.
Hasil penelitian menunjukkan: Pertama, masalah tingkat pemahaman
siswa terhadap perilaku Gay sebagian besar berada pada kategori kurang paham
55% bahkan ada yang belum paham sejumlah 2%. Hal ini menunjukkan
perlunya strategi khusus dalam menangani kondisi tersebut, salah satunya
dengan pengaplikasian modul tentang pencegahan perilaku Gay. Kedua, Uji
kelayakan modul oleh ahli yang dilihat dinilai dari segi materi berada pada
kategori sangat layak 83% dan tampilan modul berada pada kategori sangat
layak 87%. Hal ini berarti modul yang disusun telah sesuai untuk
diimplementasikan atau digunakan oleh guru bimbingan dan konseling. Ketiga,
Uji keterpakaian untuk melihat tingkat keterpakaian modul bimbingan dan
konseling dalam pencegahan perilaku Gay berada pada kategori sangat baik
88%. Artinya, modul ini dapat digunakan oleh guru bimbingan dan konseling
disekolah untuk peningkatan pemahaman siswa tentang perilaku Gay. Keempat,
Uji efektivitas dilaksanakan pada siswa dengan diperoleh hasil siginifikansi
0,000 hal ini berarti bahwa modul dapat dikembangkan memenuhi kriteria
efektivitas sehingga dapat disimpulkan bahwa penggunaan modul dapat
membantu peserta didik untuk pencegahan perilaku Gay.

Item Type: Thesis (Masters/Tesis)
Uncontrolled Keywords: MODUL, PELAYANAN BIMBINGAN KONSELING, PEMAHAMAN PERILAKU GAY
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology
Divisions: Sekolah Pascasarjana > Bimbingan dan Konseleling-S2
Depositing User: Umma Mardhotillah A.Md.
Date Deposited: 28 Apr 2025 08:31
Last Modified: 28 Apr 2025 08:31
URI: https://repository.unp.ac.id/id/eprint/8661

Actions (login required)

View Item
View Item