Tanzil, Lisa (2013) Pengaruh Penggunaan Metode Tutor Sebaya terhadap Hasil Belajar Siswa pada Mata Pelajaran TIK Siswa Kelas VIII SMP N 2 Sintuk Toboh Gadang Kabupaten Padang Pariaman. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.
![B1_03_LIZA_TANZIL_FIP_04046_3370_2013.pdf [thumbnail of B1_03_LIZA_TANZIL_FIP_04046_3370_2013.pdf]](https://repository.unp.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
B1_03_LIZA_TANZIL_FIP_04046_3370_2013.pdf
Download (3MB)
Abstract
Menurut studi pendahuluan yang dilakukan peneliti di SMP N Sintoga, yaitu masih rendahnya hasil belajar siswa khususnya pada materi pelajaran TIK, terbatasnya komputer, model pembelajaran di kelas yang kurang menarik, serta sebagian besar nilai siswa masih dibawah KKM. Berdasarkan permasalahan tersebut, maka penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh Metode Tutor Sebaya terhadap hasil belajar teknologi informasi dan komunikasi siswa di kelas VIII SMP N Sintoga. Penelitian ini berbentuk kuantitatif dengan pendekatan quasy eksperimen guna melihat perbandingan hasil belajar siswa kelas eksperimen dan kelas kontrol. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas VIII SMP N 2 Sintoga Padang Pariaman yang berjumlah 152 orang yang terdiri dari 5 kelas, dan jenis sampel yang digunakan adalah tutor sebaya. Sampel pada penelitian ini adalah kelas VIII 5 4 sebagai kelas eksperimen dan VIII 5 sebagai kelas kontrol. Masing-masing kelas tersebut berjumlah 30 orang. Data diperoleh dari hasil tes tertulis mengenai pokok bahasan membuat dokumen pengolah kata sederhana data dianalisis dengan menggunakan rumus uji-t (t-test), yang sebelumnya dilakukan uji normalitas dan uji homogenitas. Dari hasil penelitian diperoleh nilai rata-rata kelas eksperimen 76,15 dan nilai rata-rata kelas kontrol 61,82. Berdasarkan perhitungan uji-t (t-test) diperoleh t hitung 6,67 sedangkan pada taraf kepercayaan α 0,05 t tabel 0,15, sehingga t hitung > t tabel . Dengan demikian dapat disimpulkan penggunaan metode Tutor Sebaya memberi pengaruh yang signifikan terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran TI&K di kelas VIII SMP N 2 Sintoga.
Item Type: | Thesis (Bachelor/Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Metode Tutor Sebaya, Hasil Belajar, Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Teknologi Pendidikan-S1 |
Depositing User: | ANDIN ANDIN |
Date Deposited: | 28 Apr 2025 08:29 |
Last Modified: | 28 Apr 2025 08:29 |
URI: | https://repository.unp.ac.id/id/eprint/8643 |