Tifani, Lisa (2019) Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Web pada Mata Kuliah Pengembangan E-Learning di Program Studi Teknologi Pendidikan. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.
![B1_03_LISA_TIFANI_1304785_3932_2019.pdf [thumbnail of B1_03_LISA_TIFANI_1304785_3932_2019.pdf]](https://repository.unp.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
B1_03_LISA_TIFANI_1304785_3932_2019.pdf
Download (7MB)
Abstract
Pengembangan media pembelajaran ini dilakukan sebagai upaya dalam memecahkan masalah belajar mahasiswa pada mata kuliah Pengembangan ELearning, dimana mahasiswa sulit memahami salah satunya yaitu interaksi antara mahasiswa dengan dosen menggunakan website masih terbatas, dosen membutuhkan waktu lama untuk menjelaskan materi, mahasiswa kurang antusias dalam belajar, sehingga berdampak pada hasil belajar mahasiswa yang kurang optimal. Penelitian bertujuan menghasilkan produk media website pembelajaran yang sesuai dengan kriteria kelayakan media, materi dan efektif pada mata kuliah Pengembangan E-Learning Di Program Studi Teknologi Pendidikan. Jenis dan metode penelitian ini adalah penelitian dan pengembangan atau yang lebih dikenal dengan istilah Research and Development (R&D) model 4-D. Adapun prosedur pengembangan pada penelitian terdiri dari atas 4 tahap yaitu define (pendefinisian), design (perancangan), develop (pengembangan), dan disseminate (penyebaran). Produk yang dihasilkan berupa website media pembelajaran, produk yang dihasilkan ini telah mendapatkan hasil penilaian kelayakan dari ahli materi dan ahli media yakni, hasil validasi materi diperoleh nilai “Sangat Bagus” sehingga materi dinyatakan sudah lengkap untuk dikembangkan, hasil validasi media setelah melalui dua tahap validasi diperoleh nilai akhir “Sangat Bagus”, sehingga media dikategorikan valid untuk diujicobakan, dapat disimpulkan media pembelajaran berbasis web pada mata kuliah pengembangan e-learning ini layak diujicobakan. Selanjutnya hasil dari kepraktisan media coba kepada 10 orang responden mahasiswa mata kuliah pengembangan e-learning diprogram studi teknologi pendidikan. “Sangat Praktis”, sehingga dapat disimpulkan media ini praktis digunakan. Pada uji efektifitas terdapat perbedaan signifikan terhadap hasil pre test dan post test yang dilakukan mahasiswa. Hasilnya didapat t i hitung sebesar 4,91 dengan t tabel adalah 2,262. Jadi t hitung > dari t tabel . Artinya, penggunaan media pembelajaran ada pengaruh terhadap hasil belajar mahasiswa mata kuliah pengembangan e-learning diprogram studi teknologi pendidikan.
Item Type: | Thesis (Bachelor/Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Media Pembelajaran,Media Website, Macromedia Dreamweaver 8 |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education T Technology > T Technology (General) |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Teknologi Pendidikan-S1 |
Depositing User: | ANDIN ANDIN |
Date Deposited: | 28 Apr 2025 08:28 |
Last Modified: | 28 Apr 2025 08:28 |
URI: | https://repository.unp.ac.id/id/eprint/8637 |