Kontribusi Kemampuan Awal dan Kebiasaan Belajar Terhadap Hasil Belajar Mahasiswa Eks SMA Program S-1 Kependidikan Di Jurusan Teknik Elektro

Febrial, Toni (2012) Kontribusi Kemampuan Awal dan Kebiasaan Belajar Terhadap Hasil Belajar Mahasiswa Eks SMA Program S-1 Kependidikan Di Jurusan Teknik Elektro. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[thumbnail of B1_3_TONI FEBRIAL_76537_2012_4299.pdf] Text
B1_3_TONI FEBRIAL_76537_2012_4299.pdf

Download (5MB)

Abstract

Tujuan penelitian ini untuk mengetahui kontribusi kemampuan awal dan kebiasaan belajar terhadap hasil belajar mahasiswa eks sma program s-1 kependidikan di jurusan teknik elektro. Penelitian ini di latar belakangi masalah Banyaknya mahasiswa yang berasal dari SMA lebih cepat menyelesaikan studi di jurusan Teknik Elektro dibandingkan dengan mahasiswa yang tamatan dari SMK. Penelitian ini termasuk jenis penelitian korelasional yang bersifat deskriptif dengan subyek penelitian sebanyak 26 orang mahasiswa eks SMA program S-1 kependidikan di jurusan teknik elektro tahun masuk 2009/2010. Instrumen penelitian menggunakan angket dalam bentuk skala Likert sebanyak 46 item kebiasaan belajar. Untuk uji validitas butir angket menggunakan product moment dimana kebiasaan belajar terdapat 4 item yang gugur, sedangkan uji reliabilitas instrument menggunakan metode alpha dimana semua item dinyatakan reliabel. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis product moment. Hasil analisa data menunjukkan: (1) terdapat kontribusi yang signifikan kemampuan awal terhadap hasil belajar mahasiswa sebesar 0,41 dan kontribusi variabel sebesar 16,81%, (2) terdapat kontribusi yang signifikan kebiasaan belajar terhadap hasil belajar mahasiswa sebesar 0,70 dan kontribusi variabel sebesar 49%. dan (3) terdapat kontribusi yang signifikan kemampuan awal dan kebiasaan belajar secara bersama-sama terhadap hasil belajar mahasiswa sebesar 0,73 dan kontribusi ganda sebesar 53 %. Dapat disimpulkan bahwa kemampuan awal dan kebiasaan belajar merupakan faktor yang turut mempengaruhi hasil belajar mahasiswa. Kedua faktor tersebut dianggap penting. Kemampuan awal dan kebiasaan belajar yang baik akan berdampak pada hasil belajar yang baik.

Item Type: Thesis (Bachelor/Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Kontribusi, Kebiasaan Belajar, Hasil Belajar
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
T Technology > T Technology (General)
Divisions: Fakultas Teknik > Pendidikan Teknik Elektro-S1
Depositing User: MUKHLIS MUKHLIS
Date Deposited: 28 Apr 2025 08:27
Last Modified: 28 Apr 2025 08:27
URI: https://repository.unp.ac.id/id/eprint/8627

Actions (login required)

View Item
View Item