Sari, Lisa Candra (2019) Pengaruh Penggunaan Multimedia Teta Teki Silang terhadap Hasil Belajar Siswa pada Mata Kuliah IPS Kelas VIII SMP Negeri 3 Sungai Geringging. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.
![B1_03_LISA_CANDRA_SARI_15004090_2963_2019.pdf [thumbnail of B1_03_LISA_CANDRA_SARI_15004090_2963_2019.pdf]](https://repository.unp.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
B1_03_LISA_CANDRA_SARI_15004090_2963_2019.pdf
Download (2MB)
Abstract
Lisa Candra Sari. 2019. Pengaruh Penggunaan Multimedia Teka Teki SilangTerhadap Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran IPS Kelas VIII SMP Negeri 3 Sungai Geringging. Skripsi. Fakultas Ilmu Pendidikan. Universitas Negeri Padang. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya hasil belajar siswa dalam mata pelajaran IPS di SMP Negeri 3 Sungai Geringging. Tujuan Penelitian ini adalah untuk mengetahui Pengaruh Penggunaan Mutimedia TTS Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas VIII IPS di SMP Negeri 3 Sungai Geringging Tahun Ajaran 2018/2019. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif berbentuk Quasi Eksperimen. Populasi dalam Penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII SMP Negeri 3 Sungai Geringging pada tahun ajaran 2018/2019. Sampel diambil dengan menggunakan teknik purpose Sampling, yaitu kelas VIII.2 sebagai kelas eksperimen dengan jumlah siswa 27 orang dan siswa kelas VIII.4 sebagai kelas kontrol dengan jumlah siswa 26 orang. Pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan tes objektif sebanyak 30 butir soal, dan alat pengumpulan data berupa lembaran jawaban. Data yang diperoleh dianalisis menggunakan t-tes. Berdasarkan penelitian yang dilakukan, maka hasil penelitian menunjukkan nilai rata-rata kelas eksperimen yang menggunakan Multimedia TTS yaitu 51,52 lebih tinggi dari nilai rata-rata kelas kontrol 40,04. Berdasarkan perhitungan uji t (t-test) diperoleh t hitung 2,85 sedangkan t pada taraf signifikan α 0,05 adalah 2,007. Jika dibandingkan, maka t i hitung tabel lebih besar dari t yaitu 2,85 > 2,007. Dengan demikian penggunaan Multimedia TTS berpengaruh secara signifikan terhadap hasil belajar IPS siswa kelas VIII di SMP Negeri 3 Sungai Geringging.
Item Type: | Thesis (Bachelor/Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Pembelajaran IPS, Multimedia TTS, Hasil Belajar |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools L Education > LC Special aspects of education |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Teknologi Pendidikan-S1 |
Depositing User: | ANDIN ANDIN |
Date Deposited: | 28 Apr 2025 08:26 |
Last Modified: | 28 Apr 2025 08:26 |
URI: | https://repository.unp.ac.id/id/eprint/8623 |