Hubungan Gaya Belajar dalam Pembelajaran Biologi dengan Kompetensi Kognitif Peserta Didik Kelas X di SMA N 1 Lembang Jaya Tahun Pelajaran 2020/2021

Ilhami, Tiwi (2021) Hubungan Gaya Belajar dalam Pembelajaran Biologi dengan Kompetensi Kognitif Peserta Didik Kelas X di SMA N 1 Lembang Jaya Tahun Pelajaran 2020/2021. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[thumbnail of B1_3_TIWI_ILHAMI_17031045_3813_2021.pdf] Text
B1_3_TIWI_ILHAMI_17031045_3813_2021.pdf

Download (2MB)

Abstract

Gaya belajar adalah cara peserta didik untuk menerima informasi, mengatur informasi serta mengolah informasi saat pembelajaran. Tiga macam gaya belajar yaitu gaya belajar visual (belajar dengan dominasi cara melihat), auditorialal (belajar dengan dominasi cara mendengar) dan kinestetik (belajar dengan diminasi cara bergerak, bekerja dan menyentuh). Hasil observasi yang telah dilakukan di SMA Negeri 1 Lembang Jaya, bahwa guru masih jarang menggunakan metode, model dan media pembelajaran yang bervariasi. Pada saat belajar masing-masing peserta didik kurang memahami gaya belajar (modalitas) yang dimilikinya. Hal ini dapat menyebabkan tidak seimbang antara gaya belajar peserta didik dengan model, metode ataupun media pembelajaran yang digunakan guru sehingga menyebabkan rendahnya kompetensi kognitif peserta didik. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui hubungan gaya belajar dalam pembelajaran biologi dengan kompetensi kognitif peserta didik Kelas X di SMAN 1 Lembang Jaya. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif. Teknik pengumpulan data menggunakan non tes, angket, dan dokumentasi. Analisis data pada penelitian ini menggunakan rumus korelasi Pearson Product Moment. Pengujian korelasi dilakukan dengan menggunakan rumus t untuk mengetahui koefisien korelasi berarti atau tidak. Berdasarkan penelitian yang telah dilakukan terdapat hubungan gaya belajar dalam pembelajaran biologi yang tidak berarti atau tidak signifikan dengan kompetensi kognitif peserta didik Kelas X di SMAN 1 Lembang Jaya. Gaya belajar yang dominan yaitu gaya belajar auditorial, lalu gaya belajar visual dan yang paling sedikit yaitu gaya belajar kinestetik. Kesimpulan penelitian ini terdapat hubungan gaya belajar dalam pembelajaran biologi yang tidak berarti atau tidak signifikan dengan kompetensi kognitif peserta didik Kelas X di SMAN 1 Lembang Jaya.

Item Type: Thesis (Bachelor/Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Hubungan, Gaya Belajar, Kompetensi Kognitif
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Biologi-S1
Depositing User: MUKHLIS MUKHLIS
Date Deposited: 28 Apr 2025 08:25
Last Modified: 28 Apr 2025 08:25
URI: https://repository.unp.ac.id/id/eprint/8614

Actions (login required)

View Item
View Item