Pengaruh Penerapan Strategi Pembelajaran Aktif Tipe Quiz Team Berbantuan Media Video terhadap Hasil Belajar Siswa pada Mata Pelajaran PPKN Kelas VIII di SMP Pembangunan Laboratorium UNP

Agustin, Lidia (2019) Pengaruh Penerapan Strategi Pembelajaran Aktif Tipe Quiz Team Berbantuan Media Video terhadap Hasil Belajar Siswa pada Mata Pelajaran PPKN Kelas VIII di SMP Pembangunan Laboratorium UNP. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[thumbnail of B1_03_LIDIA_AGUSTIN_15004027_3720_2019.pdf] Text
B1_03_LIDIA_AGUSTIN_15004027_3720_2019.pdf

Download (8MB)

Abstract

Permasalahan pada mata pelajaran Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan di SMP Pembangunan laboratorium UNP yaitu kurangnya partisipasi siswa dalam mengikuti kegiatan pembelajaran. Proses pembelajaran masih cenderung berpusat pada guru (Teacher Centered) sehingga siswa menjadi kurang aktif. Hal ini berdampak pada pencapaian hasil belajar siswa yang masih dibawah Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM) yaitu 75. Untuk mengatasi hal tersebut dilakukan penelitian tentang pengaruh penerapan strategi pembelajaran aktif tipe Quiz Team berbantuan media video terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan kelas VIII di SMP Pembangunan Laboratorium UNP. Penelitian yang digunakan adalah penelitian kuantitatif menggunakan Pendekatan Quasy Experiment. Populasi penelitian adalah siswa kelas VIII SMP Pembangunan Laboratorium UNP yang berjumlah 169 terdiri dari 6 kelas. Teknik pengambilan sampel yang dilakukan adalah teknik Purposive Sampling, yaitu kelas VIII A sebagai kelas eksperimen dan VIII C sebagai kelas kontrol, masing-masing berjumlah 29 orang. Teknik pengumpulan data digunakan tes, berupa soal objektif 40 butir soal dan alat pengumpul data menggunakan lembaran jawaban siswa. Jenis data adalah data primer dan sumber data adalah nilai siswa kelas VIII yang menjadi sampel. Data yang diperoleh dianalisis menggunakan t-test. Berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan diperoleh nilai rata-rata kelompok eksperimen 76,98 dan nilai rata-rata kelompok kontrol 66,63. Ber- dasarkan hasil perhitungan uji t diperoleh i 11,71, sedangkan (N1) + (N-1)= 56 pada taraf kepercayaan 0,05 adalah 2,000 sehingga > . Dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan pada penerapan strategi pembelajaran aktif tipe Quiz Team berbantuan media video terhadap hasil belajar pada mata pelajaran Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan kelas VIII di SMP Pembangunan Laboratorium UNP.

Item Type: Thesis (Bachelor/Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Quiz Team, Media Video, Hasil Belajar
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
P Language and Literature > P Philology. Linguistics
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Teknologi Pendidikan-S1
Depositing User: ANDIN ANDIN
Date Deposited: 28 Apr 2025 08:20
Last Modified: 28 Apr 2025 08:20
URI: https://repository.unp.ac.id/id/eprint/8560

Actions (login required)

View Item
View Item