Persepsi Siswa Terhadap Mata Pelajaran PKn dan Hubungannya dengan Hasil Belajar Kelas XI di SMA Negeri 1 X Koto Diatas

Nelsa, Tiara Agusma (2015) Persepsi Siswa Terhadap Mata Pelajaran PKn dan Hubungannya dengan Hasil Belajar Kelas XI di SMA Negeri 1 X Koto Diatas. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[thumbnail of B1_3_TIARA_AGUSMA_NELSA_15601_918_2015 MSL.pdf] Text
B1_3_TIARA_AGUSMA_NELSA_15601_918_2015 MSL.pdf

Download (1MB)

Abstract

Berdasarkan observasi yang dilakukan di SMAN 1 X Koto Diatas, terlihat bahwa siswa kelas XI kurang aktif dalam mengikuti pembelajaran pada mata pelajaran PKn, disebabkan oleh kurangnya kesiapan siswa dalam mengikuti pelajaran yang menyebabkan hasil belajar siswa rendah. Berdasarkan itu, dilakukan penelitian ini dengan tujuan dapat mengetahui hubungan persepsi siswa terhadap mata pelajaran PKn dengan hasil belajar kelas XI di SMA Negeri 1 X Koto Diatas Kabupaten Solok. Hipotesis penelitian adalah terdapat hubungan yang signifikan antara persepsi siswa terhadap mata pelajaran PKn dengan hasil belajar kelas XI di SMA Negeri 1 X Koto Diatas Kabupaten Solok. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan menggunakan pendekatan korelasional.Penelitian ini dilakukan di SMA Negeri 1 X Koto Diatas. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas XI yang berjumlah 42 orang. Sampel penelitian berjumlah 42 orang siswa.Jenis sampel dalam penelitian ini adalah total sampling. Teknik pengumpul data adalah kuesioner. Alat pengumpul data adalah lembaran kuesioner.Kuesioner berisi 30 butir pertanyaan yang disusun menggunakan pola skala likert. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pada tingkat kepercayaan 99 % terdapat hubungan yang signifikan antara persepsi siswa terhadap mata pelajaran PKn dengan hasil belajar PKn di SMA Negeri 1 X Koto Diatas. Hasil ini dibuktikan dengan analisis data : Uji Hipotesis menggunakan rumus Product Moment Correlation dengan perolehan r hitung = 0,44> r = 0,393 pada α 0,01 dan N = 42 yang berarti terdapatnya hubungan antara persepsi siswa terhadap mata pelajaran PKn (X) dengan hasil belajar (Y). Signifikasi koefisien korelasi dibuktikan dengan perolehan t hitung = 2,956 > t = 2,704 untuk α 0,01, dengan r sebesar 0,44. Jadi dapat disimpulkan bahwa terdapat hubungan yang signifikan antara persepsi siswa terhadap mata pelajaran PKn dengan hasil belajar kelas XI di SMA Negeri 1 X Koto Diatas.

Item Type: Thesis (Bachelor/Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Persepsi, Siswa, Hasil Belajar
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Teknologi Pendidikan-S1
Depositing User: MUKHLIS MUKHLIS
Date Deposited: 28 Apr 2025 08:18
Last Modified: 28 Apr 2025 08:45
URI: https://repository.unp.ac.id/id/eprint/8549

Actions (login required)

View Item
View Item