Martha, Randy Evri (2015) An Analysis of Speaking Materials in an English Textbook Entitled Talk Active Based on Tomlinson’s Theory. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.
![B1_3_RANDY_EVRI_MAQRTHA_54559_1837_2015.pdf [thumbnail of B1_3_RANDY_EVRI_MAQRTHA_54559_1837_2015.pdf]](https://repository.unp.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
B1_3_RANDY_EVRI_MAQRTHA_54559_1837_2015.pdf
Download (4MB)
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk melihat sebagus apa materi untuk kemampuan berbicara (speaking materials) yang terdapat pada buku yang berjudul Talk Active terbitan Yudhistira untuk Sekolah Menegah Atas kelas X berdasarkan teori Tomlinson. Sumber data penelitian ini adalah (1) materi untuk kemampuan berbicara (speaking materials) pada buku Talk Active, (2) penilaian dari para penilai, (3) dan komentar dari para penilai tentang materi speaking di dalam buku tersebut. Teknik pengumpulan data penelitian ini adalah dengan menganalisa penilaian yang diberikan oleh para penilai. Data tersebut kemudian dianalisis dan dikonversi oleh peneliti untuk memberikan penilaian terhadap buku tersebut apakah buku tersebut telah memenuhi standar yang sesuai dengan kriteria yang terdapat dalam teori Tomlinson. Kriteria materi untuk kemampuan berbicara (speaking material) yang dipakai terdiri dari content (isi), appropriacy (kesesuaian), authenticity (keaslian), cultural sensitivity (sensitifitas tentang nilai budaya), accessibility (aksesibilitas), sufficiency (kecukupan materi), balance (keseimbangan materi), stimulus/practice (mempraktekkan), dan flexibility (fleksibilitas). Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa komponen untuk content dan stimulus/practice mendapatkan nilai tertinggi dengan hasil konversi 4,3 dan dikategorikan dengan excellence (bagus sekali). Sementara itu, komponen yang mendapat nilai paling rendah adalah sufficiency dan flexibility dengan hasil konversi 3,0 dan dikategorikan sebagai adequate (cukup). Secara umum, materi kemampuan berbicara (speaking materials) dalam buku Talk Active setelah dikonversi adalah 3,8 dan ini dikategorikan bagus. Oleh karena itu, hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa materi speaking dalam buku Talk Active bagus berdasarkan teori Tomlinson untuk digunakan dalam pembelajaran speaking di Sekolah Menengah Atas.
Item Type: | Thesis (Bachelor/Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Speaking materials, Tomlinson’s Theory, Talk Active textbook |
Subjects: | L Education > L Education (General) P Language and Literature > PE English P Language and Literature > PR English literature |
Divisions: | Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa Inggris-S1 |
Depositing User: | FAUZZIYAH FAUZZIYAH |
Date Deposited: | 28 Apr 2025 08:16 |
Last Modified: | 28 Apr 2025 08:16 |
URI: | https://repository.unp.ac.id/id/eprint/8539 |