Pengaruh Penggunaan Multimedia Prezi terhadap Hasil Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Biologi Kelas IX di SMP Negeri 9 Payakumbuh

Antoni, Randi Tri (2014) Pengaruh Penggunaan Multimedia Prezi terhadap Hasil Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Biologi Kelas IX di SMP Negeri 9 Payakumbuh. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[thumbnail of B1_3_RANDI_TRI_ANTONI_11713_985_2014.pdf] Text
B1_3_RANDI_TRI_ANTONI_11713_985_2014.pdf

Download (2MB)

Abstract

Berdasarkan hasil pengamatan yang dilakukan pada mata pelajaran Biologi kelas IX di SMP Negeri 9 Payakumbuh terlihat proses pembelajaran masih kurang efektif dikarenakan penggunaan media pembelajaran yang tidak berpengaruh positif terhadap proses belajar yang berakibat pada rendahnya hasil belajar peserta didik. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan multimedia Prezi terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran Biologi kelas IX di SMP Negeri 9 Payakumbuh. Penelitian ini berbentuk kuantitatif dengan pendekatan quasy experiment. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas IX SMP Negeri 9 Payakumbuh tahun pelajaran 2013/2014 yang terdiri dari 6 kelas dan teknik pengambilan sampelnya adalah purposive sampling dengan kelas IX 6 sebagai kelas eksperimen dan kelas IX 5 sebagai kelas kontrol masing-masing berjumlah 28 orang. Teknik pengumpulan data dalam penelitian dilakukan adalah tes hasil belajar dan alat pengumpulan data yang digunakan adalah lembaran tes dan jawaban siswa. Data dianalisis menggunakan uji perbedaan (t-tes) yang sebelumnya dilakukan uji normalitas dan uji homogenitas. Berdasarkan hasil penelitian diperoleh nilai rata-rata kelompok eksperimen 79,29 lebih tinggi daripada nilai rata-rata kelompok kontrol 67,50. Perhitungan t-tes diperoleh t-hitung 4,5499 dengan t-tabel untuk taraf signifikan 0.05 adalah 2,000 sehingga t-hitung lebih besar dari t-tabel. Hal ini berarti terdapat perbedaan yang signifikan terdapat hasil belajar siswa yang menggunakan multimedia Prezi dengan hasil belajar siswa menggunakan pembelajaran konvensional (kelas kontrol). Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa penggunaan multimedia Prezi berpengaruh terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran Biologi di SMP Negeri 9 Payakumbuh.

Item Type: Thesis (Bachelor/Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Multimedia, Prezi, Hasil Belajar, IPA
Subjects: L Education > L Education (General)
Q Science > Q Science (General)
T Technology > T Technology (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Teknologi Pendidikan-S1
Depositing User: FAUZZIYAH FAUZZIYAH
Date Deposited: 28 Apr 2025 08:14
Last Modified: 28 Apr 2025 08:14
URI: https://repository.unp.ac.id/id/eprint/8534

Actions (login required)

View Item
View Item