Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Pair Checks Terhadap Hasil Belajar Tematik Terpadu Dilihat dari Kemampuan Berpikir Kritis Peserta Didik Kelas IV Sekolah Dasar

Ovavia, Cicilia (2022) Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Pair Checks Terhadap Hasil Belajar Tematik Terpadu Dilihat dari Kemampuan Berpikir Kritis Peserta Didik Kelas IV Sekolah Dasar. Masters/Tesis thesis, Universitas Negeri Padang.

[thumbnail of B1_1_CICILIA_OVAVIA_20124050_2975_2022.pdf] Text
B1_1_CICILIA_OVAVIA_20124050_2975_2022.pdf

Download (502kB)

Abstract

Tematik terpadu yang merupakan sistem pembelajaran yang memungkinkan
peserta didik, aktif menggali dan, dengan mengharuskan siswa untuk memiliki
kemampuan berpikir kritis. Namun belum banyak siswa yang memiliki
kemampuan tersebut.Tujuan Penelitian adalah untuk mengetahui Pengaruh model
pembelajaran kooperatif tipe Pair Checks terhadap hasil belajar tematik terpadu
dilihat dari kemampuan berpikir kritis peserta didik kelas IV Sekolah Dasar.
Keterampilan berpikir kritis yang diteliti adalah keterampilan berpikir ktis yang
diajarkan secara terpadu. Tempat penelitian adalah di SDN 08 Mandeh, metode
penelitian yang digunakan adalah Quasy experimental dengan desain penelitian
One group pret-test and post-test design. Sampel yang digunakan adalah kelas
IVA sebanyak 23 siswa. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam
penelitian ini adalah tes tertulis. Diperoleh data sebagai berikut: (1) kemampuan
berpikir kritis peserta didik yang pembelajarannya menggunakan model
kooperatif tipe pair checks secara signifikan lebih tinggi dibandingkan dengan
kemampuan berpikir kritis peserta didik yang pembelajarannya menggunakan
metode konvensional karena terdapat �ℎ����� = 1,78 > ������ = 1,68 sehingga �0
ditolak dan �1 diterima (2) hasil belajar peserta didik yang pembelajarannya
menggunakan model kooperatif tipe pair checks secara signifikan dibandingkan
dengan hasil belajar peserta didik yang pembelajarannya menggunakan metode
konvensional karena terdapat �ℎ����� = 2,02 > ������ = 1,68 sehingga �0 ditolak
dan �1 diterima (3) kemampuan berpikir kritis peserta didik yang dibelajarkan
dengan model kooperatif tipe Pair Checks lebih tinggi dibandingkan dengan
kemampuan berpikir kritis dengan pembelajaran konvensional karena berdasarkan
pengetahuan awal rendah pada taraf nyata 0,05 diperoleh T hitung > T tabel
dengan 0,178 > 1,68 sehingga H0 ditolak dan H1 diterima (4) ada hubungan hasil
belajar dan kemampuan berpikir kritis siswa terhadap model pembelajaran
kooperatif tipe pair checks karena terdapat besar sumbangan efektif anatara hasil
belajar dan kemampuan berpikir kritis adalah 87,6 % dan sisa 12,4 dipengaruhi
oleh faktor lainnya. Hasil penelitian ini menunjukkan terdapat pengaruh yang
signifikan pada pembelajaran kooperatif tipe pair checks terhadap hasil belajar
tematik terpadu dilihat dari kemampuan berpikir kritis peserta didik kelas IV
sekolah dasar.

Item Type: Thesis (Masters/Tesis)
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Sekolah Pascasarjana > Pendidikan Dasar-S2
Depositing User: Sudia Ajjronisa S.Sos
Date Deposited: 28 Apr 2025 08:03
Last Modified: 28 Apr 2025 08:03
URI: https://repository.unp.ac.id/id/eprint/8503

Actions (login required)

View Item
View Item