Peningkatan Hasil Belajar Siswa Pada Mata Diklat Menganalisis Rangkaian Listrik dengan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Student Team Achivement Division (STAD) Siswa Kelas X SMK Negeri 1 Pariaman

Herlinda, Tetty (2013) Peningkatan Hasil Belajar Siswa Pada Mata Diklat Menganalisis Rangkaian Listrik dengan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Student Team Achivement Division (STAD) Siswa Kelas X SMK Negeri 1 Pariaman. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[thumbnail of B1_3_TETTY_HERLINDA_06070_2973_2013.pdf] Text
B1_3_TETTY_HERLINDA_06070_2973_2013.pdf

Download (5MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada mata diklat Menganalisis Rangkaian Listrik (MRL) setelah melakukan pembelajaran dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe STAD (Student Teams Achivement Division) siswa kelas X TITL v A yang berjumlah 32 orang. Untuk mengetahui hasil belajar siswa setelah melakukan pembelajaran dengan model pembelajaran kooperatif tipe STAD digunakan soal tes objektif yang berupa pilihan ganda. Jenis penelitian ini adalah kuasi eksperimen. Subyek dari penelitian ini adalah siswa kelas X Listrik (X TITL A dan X Otomasi) program keahlian Teknik Instalasi Tenaga listrik SMK Negeri 1 Pariaman dengan jumlah keseluruhan siswa 63 orang, dimana X TITL A merupakan kelas eksperimen dan X Otomasi merupakan kelas kontrol. Penentuan kelas ini dilakukan secara acak dari kelas yang sudah ada. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat peningkatan yang signifikan terhadap hasil belajar siswa pada kelas eksperimen dan kelas kontrol, dimana rata-rata nilai dari kelas eksperimen adalah 78,44, sedangkan pada kelas kontrol mempunyai rata-rata 56,82. Dengan analisis uji-t diperoleh t hitung sebesar 9,0 pada signifikansi 0,05 dan t tabel = 1,670. Oleh karena nilai t hitung > t tabel, sehingga dapat disimpulkan bahwa terdapat peningkatan hasil belajar yang berarti antara siswa kelas eksperimen pada mata diklat MRL di SMK Negeri 1 Pariaman. Berdasarkan hasil penelitian, diketahui bahwa model pembelajaran kooperatif tipe STAD dapat meningkatkan hasil belajar siswa. Guru dapat menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe STAD dalam proses pembelajaran sebagai salah satu model alternatif untuk meningkatkan hasil belajar.

Item Type: Thesis (Bachelor/Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Hasil Belajar, Rangkaian Listrik, Student Team Achivement Division
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
T Technology > T Technology (General)
T Technology > TK Electrical engineering. Electronics Nuclear engineering
Divisions: Fakultas Teknik > Pendidikan Teknik Elektro-S1
Depositing User: MUKHLIS MUKHLIS
Date Deposited: 28 Apr 2025 07:58
Last Modified: 28 Apr 2025 07:59
URI: https://repository.unp.ac.id/id/eprint/8493

Actions (login required)

View Item
View Item