Efektifitas Metode Pembelajaran Make A Macth untuk Meningkatkan Kemampuan Membaca Pemahaman bagi Anak Disleksia X (Single Subject Design kelas IV di SDN 17 Jawa Gadut,Padang)

Mustika, Gina (2014) Efektifitas Metode Pembelajaran Make A Macth untuk Meningkatkan Kemampuan Membaca Pemahaman bagi Anak Disleksia X (Single Subject Design kelas IV di SDN 17 Jawa Gadut,Padang). Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[thumbnail of B1_2_GINA_MUSTIKA_17939_6187_2014.pdf] Text
B1_2_GINA_MUSTIKA_17939_6187_2014.pdf

Download (6MB)

Abstract

Penelitian ini didasari oleh kasus yang peneliti temukan diSD N 17 Jawa Gadut, Padang. Seorang siswa kelas IV yang mengalami hambatan dalam membaca, khususnya membaca pemahaman. Dari hasil identifikasi dan asesmen, kemampuan anak dalam menguasai bacaan yang dibacanya masih rendah, terlihat dari jumlah pertanyaan yang berkaitan dengan teks yang dijawab benar anak masih sedikit. Dengan demikian peneliti ingin membuktikan metode make a macth efektif digunakan untuk meningkatkan kemampuan membaca pamahaman bagi anak disleksia. Jenis penelitian ini adalah kuantitatif denga metode Single Subject Design, melalui desain A-B-A dan teknik analisis data yang digunakan analisis visual grafik. Subjek penelitiannya adalah anak Disleksia X kelas IV, dengan cara anak membaca Teks dan menjawab sepuluh pertanyaan disetiap pertemuan. Variabelnya diukur dengan menggunakan persentase berdasarkan jumlah pertanyaan yang dijawab anak dengan benar. Penelitian dilaksanakan melalui tiga kondisi, yakni baseline (A1) yang dilakukan sebanyak sembilan kali pengamatan, persentase kemampuan anak berkisar antara 20%-30%,. Selanjutnya intervensi (B), pengamatan dilakukan sebanyak Sembilan kali dengan menggunakan metode make a macth, nilai anak pada kondisi ini 50%–100%. Berikutnya Baseline setelah intervensi (A2), dilakukan sebanyak delapan kali pengamatan, persentasenya antara 100%-80%. Dengan demikian, dapat diartikan bahwa analisis data dalam kondisi dan antar kondisi memiliki estimasi kecenderungan arah yang meningkat, kecendrungan stabilitas, jejak data dan perubahan level yang menggambarkan peningkatan kemampuan membaca pemahaman secara positif. Sehingga dari analisis data tersebut, dapat disimpulkan bahwa metode make a macth dapat digunakan untuk meningkatkan kemampuan membaca pemahaman bagi anak disleksia x kelas IV SD N 17 Jawa Gadut, Padang. Peneliti menyarankan kepada guru agar menggunakan metode make a macth untuk membantu anak dalam membaca pemahaman.

Item Type: Thesis (Bachelor/Skripsi)
Uncontrolled Keywords: METODE PEMBELAJARAN MAKE A MACTH, KEMAMPUAN MEMBACA PEMAHAMAN
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LC Special aspects of education
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Luar Biasa-S1
Depositing User: Fitri Yelli S.Sos
Date Deposited: 28 Apr 2025 07:20
Last Modified: 28 Apr 2025 07:20
URI: https://repository.unp.ac.id/id/eprint/8473

Actions (login required)

View Item
View Item