Hubungan Antara Pelaksanaan Pembelajaran dan Motivasi Belajar Dengan Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Matematika di Kelas VIII SMP N 1 Painan

Puspita, Tessa (2014) Hubungan Antara Pelaksanaan Pembelajaran dan Motivasi Belajar Dengan Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Matematika di Kelas VIII SMP N 1 Painan. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[thumbnail of B1_3_TESSA_PUSPITA_95959_487_2014.pdf] Text
B1_3_TESSA_PUSPITA_95959_487_2014.pdf

Download (6MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara pelaksanaan pembelajaran dan motivasi belajar dengan hasil belajar siswa pada mata pelajaran matematika siswa di kelas VIII SMP N 1 Painan. Hipotesis penelitian ini adalah terdapat hubungan yang signifikan antara pelaksanaan pembelajaran dan motivasi belajar dengan hasil belajar siswa pada mata pelajaran matematika di kelas VIII SMP N 1 Painan pada taraf 0,05. Jenis penelitian ini adalah kuantitatif dengan menggunakan pendekatan korelasional. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII di SMPN 1 Painan yang berjumlah 175 orang, Jenis sampel pada penelitian ini adalah acak sederhana (simple random sampling). Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah proportional cluster sampling. Teknik pengumpulan data adalah angket. Alat pengumpul data dalam penelitian ini adalah kuesioner. Angket berisi 43 butir pernyataan yang disusun menggunakan pola skala likert. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat hubungan yang signifikan antara pelaksanaan pembelajaran dan motivasi belajar dengan hasil belajar siswa pada mata pelajaran matematika di kelas VIII SMP N 1 Painan. Hasil ini dibuktikan dengan :Uji hipotesis menggunakan rumus Product Moment Correlation dengan perolehan (a) hubungan pelaksanaan pembelajaran dengan hasil belajar 0,446 terdapat hubungan yang signifikan, (b) Hubungan motivasi belajar dengan hasil belajar adalah 0,398 terdapat hubungan yang signifikan, (c) hubungan antara pelaksanaan pembelajaran dan motivasi belajar dengan hasil belajar 0,899 hal ini dibuktikan dengan analisis uji-F didapat F hitung i sebesar 12,66, sedangkan F sebesar 3,15. Dengan df1= jumlah variabel –1 dan df2 = (n-k-1) pada taraf signifikan 0,05 dengan ketentuan F hitung > F tabel , dengan R 2 (R square) sebesar 0,8082. Dari hasil penelitan di atas dapat disimpulkan bahwa terdapat Hubungan Antara Pelaksanaan Pembelajaran Dan Motivasi Belajar Dengan Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Matematika di Kelas VIII SMP N 1 Painan.

Item Type: Thesis (Bachelor/Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Hubungan, Pembelajaran, Motivasi Belajar, Hasil Belajar
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Teknologi Pendidikan-S1
Depositing User: MUKHLIS MUKHLIS
Date Deposited: 28 Apr 2025 07:19
Last Modified: 28 Apr 2025 07:20
URI: https://repository.unp.ac.id/id/eprint/8470

Actions (login required)

View Item
View Item