Pengaruh Penggunaan Media CD Pembelajaran dengan Metode Tutor Sebaya Terhadap Hasil Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Teknologi Informasi dan Komunikasi Kelas VIII di SMP Negeri 3 Kubung Kabupaten Solok

Gustin, Tesa Widya (2013) Pengaruh Penggunaan Media CD Pembelajaran dengan Metode Tutor Sebaya Terhadap Hasil Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Teknologi Informasi dan Komunikasi Kelas VIII di SMP Negeri 3 Kubung Kabupaten Solok. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[thumbnail of B1_3_TESA_WIDYA_GUSTIN_00031_1891_2013.pdf] Text
B1_3_TESA_WIDYA_GUSTIN_00031_1891_2013.pdf

Download (1MB)

Abstract

Berdasarkan hasil pengamatan peneliti tentang pembelajaran TIK di SMP 3 Kubung Kabupaten Solok, proses pembelajaran TIK kurang berjalan dengan baik karena kurangnya pemanfaatan media dan metode yang digunakan guru kurang menarik, sehingga motivasi belajar siswa kurang, akibatnya hasil belajar siswa masih rendah. Untuk mengatasi hal tersebut maka digunakanlah media CD pembelajaran dengan metode tutor sebaya dalam proses pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk melihat pengaruh dari penggunaan media CD pembelajaran dengan metode tutor sebaya terhadap hasil belajar siswa dalam mata pelajaran TIK. Penelitian ini berbentuk kuantitatif dengan pendekatan quasy eksperimen. Populasi penelitian adalah siswa kelas VIII SMP N 3 Kubung Kabupaten Solok yang berjumlah 32 orang yang terdiri dari 2 kelas dan teknik pengambilan sampelnya purposive sampling, yaitu kelas VIIIa dan VIIIb masing-masingnya berjumlah 16 orang. Teknik pengumpulan data digunakan tes, berupa soal objektif sebanyak 40 butir soal. Kemudian data diolah dengan uji perbedaan (ttest). Dari hasil penelitian diperoleh nilai rata–rata kelompok eksperimen yang menggunakan media CD pembelajaran dengan metode tutor sebaya 81,40 dengan standar deviasi (SD) 9,44 dan nilai rata-rata kelompok kontrol yang tidak menggunakan media CD pembelajaran dan metode tutor sebaya 71,56 dengan standar deviasi (SD) 9,03. Berdasarkan perhitungan t-test diperoleh t hitung 2,9173 pada taraf kepercayaan 0,05 t-tabel adalah 2,042, sehingga t-hitung besar dari t-tabel. Dengan demikian dapat disimpulkan penggunaan media CD pembelajaran dengan metode tutor sebaya berpengaruh secara signifikan terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran TIK dikelas VIII SMP N 3 Kubung Kabupaten Solok

Item Type: Thesis (Bachelor/Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Pembelajaran, Metode Tutor Sebaya, Hasil Belajar
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
T Technology > T Technology (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Teknologi Pendidikan-S1
Depositing User: MUKHLIS MUKHLIS
Date Deposited: 28 Apr 2025 07:18
Last Modified: 28 Apr 2025 07:18
URI: https://repository.unp.ac.id/id/eprint/8467

Actions (login required)

View Item
View Item