Efektifitas Pendekatan Tutor Sebaya dalam Meningkatkan Keterampilan Mengoperasikan Software Coreldraw bagi Anak Tunarungu Kelas XI di SLB YPAC Sumbar

Yanti, Syafrina (2015) Efektifitas Pendekatan Tutor Sebaya dalam Meningkatkan Keterampilan Mengoperasikan Software Coreldraw bagi Anak Tunarungu Kelas XI di SLB YPAC Sumbar. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[thumbnail of B1_2_SYAFRINA_YANTI_1100307_3454_2015.pdf] Text
B1_2_SYAFRINA_YANTI_1100307_3454_2015.pdf

Download (5MB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh permasalahan yang peneliti temukan di sekolah luar biasa YPAC Sumbar. Disekolah ini ada pembelajaran TIK tentang desain grafis, khususnya pengembangan Software Coreldraw. Dilihat dari segi manfaat sangat bagus untuk menunjang keterampilan anak tunarungu dalam dunia desain grafis. Tapi guru hanya mengajarkan sebatas untuk diketahui saja, padahal potensi yang dimiliki anak cukup bagus untuk dikembangkan, mengingat anak tersebut berkebutuhan khusus. Dalam penelitian ini, peneliti menggunakan metode eksperimen yang berbentuk pre-experimental design atau sering juga disebut dengan quasi experiment dengan jenis one group pretest-posttest design. Di dalam penelitian ini tes dilakukan sebanyak dua kali yaitu sebelum eksperimen dan setelah eksperimen. Tes yang dilakukan sebelum eksperimen (01) disebut pretest, dan tes sesudah eksperimen (02) disebut posttest. Subjek penelitian diberikan pretest untuk mengetahui kondisi awal mengenal software coreldraw, setelah itu diberikan treatment dengan pedekatan tutor sebaya, dan dilanjutkan dengan memberikan posttest untuk melihat hasil dari treatment yang sudah diberikan. Nilai dari pretest dan posttest diolah serta dibandingkan dengan menggunakan uji Mann Whitney. Dari hasil penelitian dinyatakan bahwa kemampuan anak dalam mengoperasikan Software Coreldraw setelah dianalisis dengan menggunakan uji Mann Whitney. Diperoleh Uhit = 0,5 dan Utab = 0 dengan n = 4 pada taraf signifikan 95% dan α = 0,05. Hipotesis alternatif diterima karena Uhit > Utab, jadi terbukti bahwa pendekatan tutor sebaya efektif dalam meningkatkan keterampilan mengoperasikan software coreldraw bagi anak tunarungu di SLB YPAC Sumbar.

Item Type: Thesis (Bachelor/Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Tutor sebaya, Keterampilan, Anak tunarungu
Subjects: L Education > LC Special aspects of education
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Luar Biasa-S1
Depositing User: KEISHA KEISHA
Date Deposited: 28 Apr 2025 07:17
Last Modified: 28 Apr 2025 07:17
URI: https://repository.unp.ac.id/id/eprint/8463

Actions (login required)

View Item
View Item