Pengaruh Pemanfaatan Media Interaktif Terhadap Hasil Belajar Pada Mata Pelajaran TIK di Kelas XII di MAN 1 Padang

Rahmat, Taufik (2014) Pengaruh Pemanfaatan Media Interaktif Terhadap Hasil Belajar Pada Mata Pelajaran TIK di Kelas XII di MAN 1 Padang. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[thumbnail of B1_3_TAUFIK_RAHMAT_93874_2331_2014.pdf] Text
B1_3_TAUFIK_RAHMAT_93874_2331_2014.pdf

Download (4MB)

Abstract

Pelajaran TIK untuk kelas XII di MAN 1 Padang diberikan dengan menggunakan LCD proyektor tetapi sifat penyampaiannya masih bersifat satu arah, sehingga proses pembelajaan menjadi tidak efektif dan banyak diantara siswa yang tidak mengerti tentang materi yang telah diajarkan oleh guru. Maka dilaksanakanlah suatu penelitian dengan membandingkan hasil belajar siswa yang memanfaatkan media interaktif dengan hasil belajar siswa yang tidak memanfaatkan media interaktif. Adapun tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui adakah pengaruh pemanfaatan media interaktif terhadap hasil belajar pada mata pelajaran Teknologi Informasi Komunikasi kelas XII MAN 1 Padang. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dalam bentuk quasy eksperimen. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas XII MAN 1 Padang yang terdaftar tahun pelajaran 2013/2014 berjumlah 5 kelas. Sedangkan sampel dalam penelitian ini adalah Kelas XII IPA 1 dan Kelas XII IPA 2 yang semua berjumlah 62 siswa. Dan teknik yang digunakan dalam pengumpulan data pada penelitian ini adalah dengan menggunakan tes soal-soal dan tes kerja praktek hasil tes siswa dan alat pengumpul data yang dipergunakan adalah berupa lembaran soal yang diberikan kepada siswa. sedangkan teknik analisis data dalam penelitian ini dengan menggunakan uji t (t-test) yang sebelumnya dilakukan uji normalitas dan uji homogenitas sampel. Berdasarkan analisis hasil belajar siswa kelas XII IPA 2 (kelas eksperimen) dan siswa kelas XII IPA 1 (kelas kontrol) adalah bahwa tingginya nilai rata-rata kelas eksperimen dibandingkan nilai kelas kontrol, yaitu 82,25 pada kelas eksperimen dan 77,16 pada kelas kontrol. Dari pembahasan di atas dapat disimpulkan bahwa pembelajaran TIK memanfaatkan media interaktif terhadap hasil belajar dapat mempengaruhi hasil belajar siswa.

Item Type: Thesis (Bachelor/Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Pemanfaatan Media, Hasil Belajar
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
T Technology > T Technology (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Teknologi Pendidikan-S1
Depositing User: MUKHLIS MUKHLIS
Date Deposited: 28 Apr 2025 03:19
Last Modified: 28 Apr 2025 03:19
URI: https://repository.unp.ac.id/id/eprint/8446

Actions (login required)

View Item
View Item