Peningkatan Kemampuan Membaca Pada Mata Pelajaran Bahasa Inggris Dengan Penggunaan Media Papan Planel Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas IV SDN 10 Hilalang Kecamatan Pancung Soal

Tamurni, Tamurni (2013) Peningkatan Kemampuan Membaca Pada Mata Pelajaran Bahasa Inggris Dengan Penggunaan Media Papan Planel Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas IV SDN 10 Hilalang Kecamatan Pancung Soal. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[thumbnail of B1_3_TAMURNI_57231_2337_2014.pdf] Text
B1_3_TAMURNI_57231_2337_2014.pdf

Download (3MB)

Abstract

Peningkatan kemampuan membaca di kelas IV SD 10 Hilalang Kecamatan Pancung Soal dalam pembelajaran Bahasa Inggris sangat rendah, itu terlihat dari kurang aktifnya siswa dalam mengikuti PBM, siswa kurang aktif dalam bertanya dan menjawab pertanyaan guru, ribut pada saat proses pembelajaran berlangsung, dan lain sebagainya. Hal itu disebabkan oleh kurang tepatnya media yang digunakan guru. Sehingga berdampak pada kurang aktifnya siswa dalam PBM. Untuk mengatasi hal ini maka diterapkan Penggunaan Media Papan Planel. Pengunaan Media Papan Planel memiliki keunggulan karena teknik penyampaian materi yang lebih terarah. Penggunaan Media Papan Planel bertujuan untuk mengetahui apakah Penggunaan Media Papan Planel dapat meningkatkan kemampuan membaca pada mata pelajaran Bahasa Inggris di kelas IV SDN. No. 10 Hilalang Kecamatan Pancung Soal. Penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilaksanakan dalam dua siklus yaitu siklus I dan siklus II yang masing-masing dilaksanakan dua kali pertemuan dengan melibatkan peneliti dan kolaborator yaitu guru kelas IV. Objek dalam penelitian ini adalah siswa kelas IV SDN No. 10 Hilalang Kecamatan Pancung Soal. Teknik pengumpulan data adalah observasi dan tes., alat pengumpulan data yang digunakan adalah panduan observasi, catatan lapangan dan lembaran tes. Teknik analisis data yaitu menggunakan rumus presentase. Hasil temuan pada siklus I dan II menunjukkan bahwa terdapatnya Peningkatan Kemampuan Membaca dengan Penggunaan Media Papan Planel terhadap hasil belajar pada mata pelajaran Bahasa Inggris siswa kelas IV SDN. No. 10 Hilalang Kec. Pancung Soal. Sebelum pelaksanaan tindakan kelas hasil belajar siswa masih rendah di bawah KKM 65. Dalam pelaksanaan Penelitian Tindakan Kelas ini, kemampuan membaca siswa menjadi meningkat. Peningkatan hasil belajar dapat diketahui dengan meningkatnya nilai rata-rata siswa dari 74,19% pada siklus I dan pada siklus II menjadi rata-rata 87,10%, jadi rata-rata nilai siswa kelas IV SDN. No. 10 Hilalang Kec. Pancung Soal telah melebihi KKM yang telah ditetapkan yaitu 70.

Item Type: Thesis (Bachelor/Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Kemampuan Membaca, Media Papan Planel, Hasil Belajar
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
P Language and Literature > PE English
T Technology > T Technology (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Teknologi Pendidikan-S1
Depositing User: MUKHLIS MUKHLIS
Date Deposited: 28 Apr 2025 02:38
Last Modified: 28 Apr 2025 02:40
URI: https://repository.unp.ac.id/id/eprint/8421

Actions (login required)

View Item
View Item