Guspinal, Rido (2014) Meningkatkan Kemampuan Membaca Pemahaman Bagi Anak Autis Melalui Media Gambar: Single Subject Research Kelas III di SLB Binar Tarusan. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.
![B1_2_RIDO_GUSPINAL_95900_939_2014.pdf [thumbnail of B1_2_RIDO_GUSPINAL_95900_939_2014.pdf]](https://repository.unp.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
B1_2_RIDO_GUSPINAL_95900_939_2014.pdf
Download (3MB)
Abstract
Penelitian ini di latar belakangi oleh permasalahan yang nampak di lapangan, yakni anak autis X kelas III di SLB Binar Tarusan yang mengalami kesulitan dalam memahami isi bacaan kalimat sederhana. Hal ini terlihat dari kemampuan awal anak dalam memahami isi bacaan kalimat sederhana anak mengalami kesulitan pada tes yang peneliti berikan. anak belum dapat menjawab semua tes dengan benar.
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan anak autis dalam memahami isi bacaan kalimat sederhana melalui media gambar. Media Gambar merupakan sebuah media yang visual yang dapat di gunakan dengan mudah dalam kegiatan belajar mengajar. Metodologi penelitian yang peneliti gunakan adalah penelitian single subject research dengan menggunakan desain A-B. Yaitu desain penelitian yang membandingkan kemampuan memahami isi bacaan kalimat sederhana pada anak autis X antara kondisi baseline dan kondisi intervensi. Teknik analisis data yang digunakan berdasarkan pengamatan data dalam bentuk Visual Analysis of Grafik. Hasil penelitian yang dianalisis mencakup jumlah pengamatan pada kondisi baseline sebanyak enam kali pertemuan dan kondisi intervensi sebanyak delapan kali.
Hasil penelitian ini dapat dilihat pada analisis data dalam kondisi yaitu dan analisis data antar kondisi yaitu jumlah variable yang berubah 1, perubahan arah kecendrungan dan efeknya positif (+), perubahan dalam stabilitas variable ke variable (tidak stabil ke tidak stabil), perubahan level 33-26=7, dan persentase overlap 0%. Yang menunjukkan adanya perubahan kemampuan memahami isi bacaan kalimat sederhana pada anak X kearah yang lebih baik melalui media Gambar. Dari hasil analisi data yang diperoleh dapat disimpulkan bahwa hipotesis (Ha) yang di ajukan dapat diterima. Artinya media Gambar dapat digunakan dalam meningkatkan kemampuan membaca pemahaman bagi anak autis kelas III di SLB Binar Tarusan. Disarankan bagi guru kelas atau guru mata pelajaran Bahasa Indonesia agar dapat menggunakan media Gambar bagi anak autis dalam mengajarkan membaca pemahaman
Item Type: | Thesis (Bachelor/Skripsi) |
---|---|
Subjects: | L Education > LC Special aspects of education |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Luar Biasa-S1 |
Depositing User: | Risna Juita S.Sos |
Date Deposited: | 28 Apr 2025 02:58 |
Last Modified: | 28 Apr 2025 02:58 |
URI: | https://repository.unp.ac.id/id/eprint/8401 |