Meningkatkan Kemampuan Penjumlahan Melalui Media Kalender Bagi Anak Kesulitan Belajar: Single Subject Research kelas I di SD Negeri 15 Anduring Padang

Padri, Maizal (2013) Meningkatkan Kemampuan Penjumlahan Melalui Media Kalender Bagi Anak Kesulitan Belajar: Single Subject Research kelas I di SD Negeri 15 Anduring Padang. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[thumbnail of B1_2_MAIZAL_PADRI_11625_5642_2013.pdf] Text
B1_2_MAIZAL_PADRI_11625_5642_2013.pdf

Download (817kB)

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh permasalahan anak kesulitan belajar (x)
yang kesulitan dalam menyelesaikan soal penjumlahan. Berdasarkan hasil
observasi yang dilakukan, diketahui bahwa anak sudah mengenal konsep
angka, tanda tambah (penjumlahan) dan mampu membilang, tapi anak
mengalami kesulitan dalam mengerjakan soal penjumlahan dengan hasil
sampai 20, dari kondisi tersebut diperoleh gambaran bahwa anak belum mampu
menyelesaikan soal penjumlahan. Kemampuan anak dalam menyelesaikan
soal–soal penjumlahan memang rendah, anak sangat lambat dalam
menyelesaikan soal penjumlahan tersebut.
Tujuan penelitian ini untuk meningkatkan kemampuan penjumlahan dengan
menggunakan media kalender. Adapun hipotesis dalam penelitian ini,media
kalender dapat meningkatkan kemampuan penjumlahan bagi anak kesulitan
belajar. Penelitian ini menggunakan pendekatan eksperimen dalam bentuk
Single Subject Research (SSR) dengan desain A-B-A. Sebagai subjek
penelitian ini adalah anak kesulitan belajar (x) kelas I di SD Negeri 15
Anduring Padang. Penilaian dalam penelitian ini berbentuk persentase yaitu
dengan menghitung jumlah jawaban yang benar yang dikerjakan oleh anak
dibagi dengan jumlah soal X 100%. Data diperoleh dan diolah dalam bentuk
grafik, sehingga hasil antar kedua kondisi dapat tergambar.
Dari hasil penelitian terlihat bahwa kemampuan penjumlahan dengan hasil
sampai 20 bagi anak kesulitan belajar X meningkat. Pada kondisi baseline
sebelum diberikan intervensi (A1) anak mampu menyelesaikan soal
penjumlahan dengan perolehan persentase jawaban yang benar antara 30% -
45%, setelah diberi intervensi (B) dengan menggunakan media kalender
persentase jawaban yang benar meningkat menjadi 40% – 80%. Pada kondisi
baseline (A2) yaitu dimana anak tidak lagi diberikan lagi intervensi perolehan
persentase jawaban anak yang benar berkisar 70%-80%.Dengan demikian
hipotesis yang dikemukakan sebelumnya dapat diterima. Artinya media
kalender dapat meningkatkan kemampuan penjumlahan bagi anak kesulitan
belajar kelas I SD

Item Type: Thesis (Bachelor/Skripsi)
Subjects: L Education > LC Special aspects of education
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Luar Biasa-S1
Depositing User: Dina Aulia Sari S.IP
Date Deposited: 28 Apr 2025 02:52
Last Modified: 28 Apr 2025 02:52
URI: https://repository.unp.ac.id/id/eprint/8387

Actions (login required)

View Item
View Item