Meningkatkan Kemampuan Membaca Pemahaman Kalimat Sederhana Bagi Anak Austis Melalui Media Flip Chart: Single Subject Research kelas III di SLB Binar Tarusan

Putra, Ricki Marta (2015) Meningkatkan Kemampuan Membaca Pemahaman Kalimat Sederhana Bagi Anak Austis Melalui Media Flip Chart: Single Subject Research kelas III di SLB Binar Tarusan. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[thumbnail of B1_2_RICKI_MARTA_PUTRA_95925_777_2015.pdf] Text
B1_2_RICKI_MARTA_PUTRA_95925_777_2015.pdf

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini di latar belakangi oleh permasalahan yang nampak di lapangan, yakni anak Autis X kelas III di SLB Binar Tarusan yang mengalami kesulitan dalam membaca pemahaman kalimat sederhana. Hal ini terlihat dari kemampuan awal anak dalam mengerjakan tes, anak mengalami kesulitan.
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan anak autis dalam membaca pemahaman kalimat sederhana melalui Flip Chart. Flip Chart merupakan lembaran–lembaran kertas menyerupai album atau kelender yang berukuran 50 x 75 cm, atau ukuran yang lebih kecil 21 x 28 cm, sebagai flipbook yang disusun dalam urutan yang diikat pada bagian atasnya. Metodologi penelitian yang peneliti gunakan adalah penelitian single subject research dengan menggunakan desain A-B. Yaitu desain penelitian yang membandingkan kemampuan memahami isi bacaan kalimat sederhana pada anak autis X antara kondisi baseline dan kondisi intervensi. Teknik analisis data yang digunakan berdasarkan pengamatan data dalam bentuk Visual Analysis of Grafik. Hasil penelitian yang dianalisis mencakup jumlah pengamatan pada kondisi baseline sebanyak enam kali pertemuan dan kondisi intervensi sebanyak delapan kali.
Hasil penelitian ini di tunjukkan pada analisis data dalam kondisi dan analisis data antar kondisi yang menunjukkan adanya perubahan kemampuan membaca pemahaman kalimat sederhana pada anak X kearah yang lebih baik. Analisis data antar kondisi yaitu kondisi baseline (A) 33%, 26%, 26%,33%, 33%, 33%, dilakukan 6 (enam) kali pertemuan, kondisi intervensi (B) 40%, 46%, 60%, 73%, 80%, 86%, 86%, 86%, dilakukan 8 (delapan) pertemuan dan persentase overlap 0%. Dari hasil analisi data yang diperoleh dapat disimpulkan bahwa hipotesis (Ha) yang di ajukan dapat diterima. Yang arti nya bahwa media Flip chart dapat digunakan dalam meningkatkan kemampuan membaca pemahaman kalimat sederhana Bagi anak Autis kelas III. Disarankan bagi guru kelas atau guru mata pelajaran Bahasa Indonesia agar dapat menggunakan Flip Chart kepada anak Autis dalam mengajarkan membaca pemahaman kalimat sederhana

Item Type: Thesis (Bachelor/Skripsi)
Subjects: L Education > LC Special aspects of education
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Luar Biasa-S1
Depositing User: Risna Juita S.Sos
Date Deposited: 28 Apr 2025 02:50
Last Modified: 28 Apr 2025 02:50
URI: https://repository.unp.ac.id/id/eprint/8382

Actions (login required)

View Item
View Item