Tingkat Kenyamanan Pengguna Jalan dalam Pemanfaatan Trotoar: Studi Kasus Jalan Prof.Dr. Hamka Padang

Sari, Novia Komala (2012) Tingkat Kenyamanan Pengguna Jalan dalam Pemanfaatan Trotoar: Studi Kasus Jalan Prof.Dr. Hamka Padang. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[thumbnail of B1_2_NOVIA KOMALA SARI_02669_2012_4053.pdf] Text
B1_2_NOVIA KOMALA SARI_02669_2012_4053.pdf

Download (3MB)

Abstract

Trotoar merupakan salah satu fasilitas di jalan raya yang diperuntukkan bagi pengguna jalan yaitu pejalan kaki. Di Jalan Prof. Dr. Hamka Padang,pemanfaatan trotoar tidak hanya oleh pejalan kaki tetapi juga digunakan oleh PKL
dan Bus AKDP yang menaikkan penumpang dalam waktu yang lama. Dilihat dari kondisi fisik, kondisi trotoar sudah mengalami kerusakan terutama pada bagian kerb dan permukaan trotoar yang sudah tidak kelihatan lagi serta fasilitas di
trotoar yang terbatas dan keadaan lingkungan yang lebih banyak digunakan oleh PKL dan bus AKDP. Kondisi tersebut membawa dampak terhadap kenyamanan pengguna jalan khususnya pejalan kaki. Dalam penelitian ini untuk mendapatkan tingkat kenyamanan pejalan kaki dilakukan dua proses yaitu pengukuran dan pengamatan fisik trotoar secara
langsung di trotoar serta pembagian angket kepada pejalan kaki. Hal itu dilakukan untuk mendapatkan data yang saling berhubungan satu sama lain. Populasi dalam penelitian ini adalah pejalan kaki yang melakukan perjalanan di trotoar Jalan Prof.Dr. Hamka Padang. Teknik pengambilan sampel dilakukan dengan non probability sampling yaitu dengan accidental sampling, banyaknya sampel adalah 10% dari jumlah populasi yaitu 64 responden pada masing-masing zona. Lokasi
dalam penelitian ini dibagi menjadi dua zona yaitu zona 1 batas daerahnya adalah dari Simpang Cendrawasih sampai ke gerbang kampus UNP dan zona 2 yang berlokasi mulai dari gerbang kampus UNP sampai ke tepi jembatan Ulak Karang.
Dari pengamatan langsung ke lapangan dan analisis data yang dilakukan diperoleh tingkat kenyamanan pejalan kaki di trotoar Jalan Prof. Dr. Hamka termasuk pada kriteria kurang baik. Hal ini dilihat dari kondisi fisik trotoar,
fasilitas pendukung dan keadaan lingkungan di trotoar, serta dari pemanfaatan trotoar yang tidak sesuai dengan fungsinya karena pemanfaatan trotoar oleh PKL dan bus AKDP sehingga pejalan kaki tidak dapat berjalan secara bebas. Kondisi
ini berbanding terbalik jika dilihat dari segi fisiknya, trotoar termasuk pada LOS A.

Item Type: Thesis (Bachelor/Skripsi)
Subjects: T Technology > TA Engineering (General). Civil engineering (General)
Divisions: Fakultas Teknik > Pendidikan Teknik Bangunan-S1
Depositing User: Sri Yulianti S.IP
Date Deposited: 28 Apr 2025 02:47
Last Modified: 28 Apr 2025 02:47
URI: https://repository.unp.ac.id/id/eprint/8374

Actions (login required)

View Item
View Item