Moral Kerja Guru Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) Negeri 4 Padang Menurut Persepsi Siswa

Futriyani, Futriyani (2021) Moral Kerja Guru Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) Negeri 4 Padang Menurut Persepsi Siswa. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[thumbnail of B1_01_FUTRIYANI_4883_17002122_2021.pdf] Text
B1_01_FUTRIYANI_4883_17002122_2021.pdf

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi dari hasil pengamatan selama praktek
lapangan kependidikan penulis di Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) Negeri 4
Padang yang menunjukan moral kerja guru menurut persepsi siswa. Penelitian ini
bertujuan untuk memperoleh gambaran tentang moral kerja guru di Sekolah
Menengah Kejuruan (SMK) Negeri 4 Padang menurut persepsi siswa yang dilihat
dari semangat guru dalam mengajar, disiplin guru dalam mengajar, dan Tanggung
Jawab guru terhadap tugas yang diembannya. Ada 3 pertannyaan dalam penelitian
ini, yaitu Seberapa baik semangat guru dalam mengajar di Sekolah Menengah
Kejuruan (SMK) Negeri 4 Padang menurut persepsi siswa, Seberapa baik
kedisiplinan guru dalam mengajar di Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) Negeri
4 Padang menurut persepsi siswa, Seberapa baik tangunggung jawab guru
terhadap tugasnya di Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) Negeri 4 Padang
Padang menurut persepsi siswa.
Jenis penelitian yang digunakan adalah deskriptif kuantitatif dengan
populasi pada penelitian ini adalah seluruh kelas XI di Sekolah Menengah
Kejuruan (SMK) Negeri 4 Padang dengan siswa yang berjumlah 353 orang dan
sampel sebanyak 81 orang. Penarikan sampel ditentukan dengan menggunakan
rumus slovin dan diambil dengan menggunakan teknik propotional random
sampling. Instrument penelitian yang digunakan berupa kusioner dalam bentuk
skala likert. Kuesioner tersebut sudah diuji coba untuk mengetahui validitas dan
reliabilitasnya.
Dari hasil pengolahan data tersebut diperoleh bahwa skor rata-rata
semangat guru dalam mengajar, disilin guru dalam mengajar, dan tanggung jawab
guru dalam melaksanakan tugas adalah 4,18 dengan TCR 83,62% dan 4,28
dengan TCR 81,91% dan 4,05 dengan TCR 80,97%. Dari hasil tersebut dapat
disimpulkan bahwa menurut persepsi siswa bahwa moral kerja guru baik dalam
mengajar di Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) Negeri 4 Padang. Hal ini perlu
diperhatikan lagi, karena mengingat peran guru yang sangat besar dalam
meningkatkan mutu pendidikan,tanpa dilandasi dengan semangat guru dalam
mengajar, kedisiplinan guru dalam mengajar, dan tantunggung jawab guru
terhadap tugsnya yang sudah terlaksana sebagai mana mestinya. Berdasarkan hasil
tersebut maka moral kerja guru di Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) Negeri 4
Padang baik dengan skor 4,17 dan TCR 82,17%.

Item Type: Thesis (Bachelor/Skripsi)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Administrasi Pendidikan-S1
Depositing User: Ridha Prima Adri S.Sos
Date Deposited: 27 Apr 2025 00:34
Last Modified: 27 Apr 2025 00:34
URI: https://repository.unp.ac.id/id/eprint/8339

Actions (login required)

View Item
View Item