Fitra, Rais (2015) Profil Lingkungan Sosial Siswa SMP Pembangunan Laboratorium UNP Padang Studi Kasus terhadap Empat Orang Siswa. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.
![B1_3_RAIS_FITRA_13242109_210_2015.pdf [thumbnail of B1_3_RAIS_FITRA_13242109_210_2015.pdf]](https://repository.unp.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
B1_3_RAIS_FITRA_13242109_210_2015.pdf
Download (3MB)
Abstract
SMP Pembangunan Laboratoriun UNP Padang merupakan sekolah dengan profil lingkungan sosial yang beraneka ragam, maka dalam hal ini penulis melakukan observasi dan wawancara dengan beberapa guru dimana ditemukan ada empat orang siswa dengan lingkungan sosial yang sangat menarik untuk diteliti, karena dua diantaranya berada dalam keluarga yang perekonomiannya pas-pasan dengan prestasi yang sangat memuaskan baik di sekolah maupun diluar sekolah, sedangkan yang dua orang lagi sangat bertolak belakang. Jenis penelitian ini adalah kualitatif dengan menggunakan pendekatan deskriptif. Informan dalam penelitian ini ditentukan dengan cara purposive sampling. Jenis datanya adalah data primer dan sekunder. Data dikumpulkan melalui observasi, dokumentasi,dan wawancara. Uji keabsahan data menggunakan triangulasi sumber data. Data kemudian dianalisis dengan cara pengumpulan data, reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Temuan penelitian menunjukkan bahwa profil keempat siswa SMP Pembangunan Laboratorium UNP Padang, yang diteliti dapat dikategorikan menjadi dua hal. Pertama, dua siswa memiliki profil lingkungan sosial dari sisi lingkungan keluarga yang baik dan harmonis dan selalu mendapat dukungan dari orang tua lingkungan sekolah dari hasil wawancar didapat lingkungan sekolah lumayan kondusif dan nyaman dengan kondisi fisik dan model-model belajar yang menarik, lingkungan masyarakat didapat bahwa lingkunganya kondusif dan jarang terjadi tindakan kriminal dan kondusif kedua, dua orang siswa lainya memiliki profil lignkungan keluarga sekolah dan masyarakat yang berbeda (bertolak belakang), dengan demikian peneliti ingin merekomendasikan agar pihak keluarga, sekolah dan masyarakat membantu mewujudkan lingkungan sosial yang dapat menjadi keberhasilan siswa dalam belajar
Item Type: | Thesis (Bachelor/Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Lingkungan, Sosial, Hasil Belajar, PKn |
Subjects: | H Social Sciences > H Social Sciences (General) L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Ilmu Sosial > Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan-S1 |
Depositing User: | FAUZZIYAH FAUZZIYAH |
Date Deposited: | 25 Apr 2025 09:04 |
Last Modified: | 25 Apr 2025 09:04 |
URI: | https://repository.unp.ac.id/id/eprint/8283 |