Hubungan Persepsi Mahasiswa Terhadap PPLK Dengan Kesiapan Mengajar Mahasiswa PPLK Semester Juli Desember 2016 Jurusan Teknik Sipil FT UNP.

Gusri, Nola (2017) Hubungan Persepsi Mahasiswa Terhadap PPLK Dengan Kesiapan Mengajar Mahasiswa PPLK Semester Juli Desember 2016 Jurusan Teknik Sipil FT UNP. Bachelor/Skripsi thesis, Pendidikan Teknik Bangunan.

[thumbnail of B1_01_NOLA_GUSRI_1302242_2944_2017.pdf] Text
B1_01_NOLA_GUSRI_1302242_2944_2017.pdf

Download (4MB)

Abstract

Penelitian ini dilakukan karena sebagian mahasiswa masih belum mampu melaksanakan praktek mengajar, dilihat dari banyaknya mahasiswa yang masih kurang percaya diri dan belum bisa menguasai kelas. Hal yang dibutuhkan saat mengajar antara lain; kesiapan mental, kestabilan emosi, dan penguasaan materi serta kemampuan maupun teknik penyampaian materi. Secara garis besar dilihat dari persepsi mahasiswa terhadap Program Pengalaman Lapangan Kependidikan (PPLK). Penelitian ini memiliki tujuan untuk mengungkap hubungan persepsi mahasiswa terhadap PPLK dengan kesiapan mengajar mahasiswa PPLK semester Juli-Desember 2016 Jurusan Teknik Sipil Fakultas Teknik Universitas Negeri Padang (FT- UNP). Jenis penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan tipe korelasi yang memiliki populasi target seluruh mahasiswa PPLK semester Juli-Desember 2016 Jurusan Teknik Sipil FT UNP dengan jumlah 72 orang. Sampel penelitian ini sebanyak 42 orang mahasiswa. Jenis data yang digunakan adalah data primer dan sekunder. Data primer didapat melalui angket yang disebarkan kepada mahasiswa, sedangkan data sekunder adalah jumlah mahasiswa PPLK semester Juli-Desember 2016 Jurusan Teknik Sipil FT UNP didapat dari UPPL UNP. Teknik analisis data yang digunakan adalah; 1) Analisis deskriptif, 2) Uji persyaratan analisis, yang terdiri dari uji normalitas dan uji linearitas untuk membuktikan bahwa sebaran data berasal dari sampel yang berdistribusi normal dan linear, dan 3) Uji Hipotesis. Kesimpulan penelitian ini hubungan yang didapat cukup dan signifikan, dilihat dari persepsi mahasiswa PPLK terhadap kesiapan mengajar pada semester Juli-Desember 2016 Jurusan Teknik Sipil FT UNP dengan taraf kepercayaan 95%. Hal ini dilihat dari hasil koefisien korelasi sebesar 0,465 dengan kategori hubungan yang cukup (terletak diantara 0,40 - 0,70).

Item Type: Thesis (Bachelor/Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Persepsi Mahasiswa , PPLK, Kesiapan Mengajar
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Teknik > Pendidikan Teknik Bangunan-S1
Depositing User: Aditya Shawfani S.Pd
Date Deposited: 05 Feb 2025 08:14
Last Modified: 05 Feb 2025 08:14
URI: https://repository.unp.ac.id/id/eprint/826

Actions (login required)

View Item
View Item