Pengaruh Penerapan Strategi Think Talk Write terhadap Hasil Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) di Kelas X SMA N 1 Lembah Gumanti

Oktarina, Rahmi (2012) Pengaruh Penerapan Strategi Think Talk Write terhadap Hasil Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) di Kelas X SMA N 1 Lembah Gumanti. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[thumbnail of B1_3_RAHMI_OKTARINA_04005_1386_2013.pdf] Text
B1_3_RAHMI_OKTARINA_04005_1386_2013.pdf

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh masih rendahnya minat, motivasi dan aktivitas siswa dalam belajar terutama saat pelajaran teori berlangsung pada mata pelajaran Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK), kurangnya peran siswa dalam proses pembelajaran, pembelajaran masih didominasi oleh guru. Penelitian ini bertujuan untuk melihat pengaruh dari penerapan strategi pembelajaran Think Talk Write terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) di kelas X SMAN 1 Lembah Gumanti Kabupaten Solok. Penelitian ini menggunakan metode penelitian quasy eksperiment. Populasi adalah siswa kelas X SMAN 1 Lembah Gumanti Kabupaten Solok yang berjumlah 207 orang yang terdiri dari enam kelas. Teknik penarikan sampel menggunakan purposive sampling, yaitu kelas X i 4 sebagai kelas eksperimen dan siswa kelas X 6 sebagai kelas kontrol. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan tes hasil belajar, dengan alat pengumpul data yaitu lembaran soal tes . Jenis data dalam penelitian ini adalah data hasil belajar siswa yang di peroleh dari nilai hasil test akhir sebanyak 40 soal objektif yang dilakukan setelah penelitian dan sumber data adalah nilai siswa. Kemudian data diolah dengan uji t (t-test). Berdasarkan hasil penelitian diperoleh nilai rata-rata kelompok eksperimen yang menggunakan strategi pembelajaran Think Talk Write sebesar 74,71 dan SD 8,35, nilai rata-rata kelompok kontrol 69,57 dan SD 8,21. Hasil perhitungan t-tes diperoleh t hitung 2,56 sedangkan taraf kepercayaannya 0.05 t tabel 2,000, sehingga t hitung > t tabel. Dengan demikian dapat disimpulkan terdapat perbedaan yang signifikan terhadap hasil belajar siswa yang menggunakan strategi pembelajaran Think Talk Write (kelas eksperimen) dengan hasil belajar siswa yang menggunakan strategi pembelajaran konvensional (kelas kontrol). Maka disimpulkan bahwa penerapan strategi pembelajaran Think Talk Write berpengaruh dalam meningkatkan hasil belajar siswa kelas X SMAN 1 Lembah Gumanti Kabupaten Solok.

Item Type: Thesis (Bachelor/Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Pengaruh, Think Talk Write, TIK
Subjects: L Education > L Education (General)
T Technology > T Technology (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Teknologi Pendidikan-S1
Depositing User: FAUZZIYAH FAUZZIYAH
Date Deposited: 25 Apr 2025 08:59
Last Modified: 25 Apr 2025 08:59
URI: https://repository.unp.ac.id/id/eprint/8252

Actions (login required)

View Item
View Item