Hubungan Hasil Belajar Biologi dengan Kebiasaan Merokok Siswa pada Materi Sistem Pernapasan Kelas XI IPA di SMAN 1 Pariaman

Amelia, Rahmi (2013) Hubungan Hasil Belajar Biologi dengan Kebiasaan Merokok Siswa pada Materi Sistem Pernapasan Kelas XI IPA di SMAN 1 Pariaman. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[thumbnail of B1_3_RAHMI_AMELIA_96841_3054_2013.pdf] Text
B1_3_RAHMI_AMELIA_96841_3054_2013.pdf

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini berawal dari kenyataan yang terjadi di SMAN 1 pariaman, dimana siswa telah mendapatkan pengajaran yang baik melalui materi di sekolah, namun seringkali sulit dalam menerapkan hasil pembelajaran baik berupa pengetahuan mereka dalam kehidupan sehari-hari seperti aktivitas, tingkah laku dan kebiasaan siswa. Salah satu bentuk kebiasaan siswa tersebut adalah kebiasaan merokok. Selain itu rendahnya kepedulian dan kesadaran siswa akan bahaya merokok terhadap kesehatan serta beragamnya tingkat pemahaman siswa akan materi yang diajarkan disekolah menyebabkan cukup tingginya kebiasaan merokok yang terjadi dikalangan siswa. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui hubungan hasil belajar biologi dengan kebiasaan merokok siswa pada materi sistem pernapasan kelas XI IPA di SMAN 1 Pariaman Tahun Pelajaran 2012/2013. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif. Populasi dalam penelitian adalah seluruh siswa laki-laki kelas XI IPA SMAN 1 Pariaman. Pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan angket dengan 35 butir pertanyaan. Data yang diperoleh dianalisis dengan menggunakan analisis regresi Chi Square dan analisis korelasi koefisien kontingensi. Dari hasil penelitian didapatkan bahwa: 1) Terdapat hubungan antara hasil belajar biologi dengan kebiasaan merokok siswa pada materi sistem pernapasan dengan koefisien regresi Chi Square X 2 = 8,95 dan tingkatan korelasi sedang, hal ini terlihat adanya peningkatan nilai uji pada materi serta penurunan frekuensi kebiasaan merokok siswa setelah materi diajarkan, 2) Terdapat faktor-faktor yang mempengaruhi kebiasaan merokok pada siswa sehingga masih mengikuti kebiasaan ini sekalipun telah mendapatkan pengetahuan dari pemberian materi di sekolah, yaitu 63,6% faktor lingkungan sosial, 50% faktor psikologis siswa dan 23,4% adanya faktor sarana dan prasarana.

Item Type: Thesis (Bachelor/Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Hasil Belajar, Biologi, Merokok
Subjects: L Education > L Education (General)
Q Science > Q Science (General)
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Biologi-S1
Depositing User: FAUZZIYAH FAUZZIYAH
Date Deposited: 25 Apr 2025 08:55
Last Modified: 25 Apr 2025 08:55
URI: https://repository.unp.ac.id/id/eprint/8236

Actions (login required)

View Item
View Item