Analisis Produk Penelitian Pengembangan Oleh Mahasiswa Teknologi Pendidikan Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Padang

Frizwar, Kevin (2017) Analisis Produk Penelitian Pengembangan Oleh Mahasiswa Teknologi Pendidikan Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Padang. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[thumbnail of B1_03_KEVIN_FRIZWAR_17976_3888_2017.pdf] Text
B1_03_KEVIN_FRIZWAR_17976_3888_2017.pdf

Download (3MB)

Abstract

Latar belakang penelitian pada produk penelitian pengembangan yang telah dilakukan oleh mahasiswa Teknologi Pendidikan, dengan banyaknya ragam produk yang telah dihasilkan, menimbulkan pertanyaan apakah produk yang telah dihasilkan sudah memenuhi kriteria hasil produk penelitian dimana seorang lulusan dari jurusan Teknologi Pendidikan wajib memiliki kompetensi pengembangan produk atau media pembelajaran yang baik. Penelitian ini bertujuan untuk melihat produk penelitian yang sudah dilakukan oleh mahasiswa Teknologi Pendidikan sudah memenuhi kriteria hasil produk yang baik. Jenis penelitian ini dilakukan bersifat kuantitatif deskriptif . Ada 4 tahap umum yang dilakukan dalam penelitian ini: memriksa kelengkapan sampel, membuat tabel persiapan, menghitung frekuensi hasil penilaian, dan menganalisis hasil penelitian. Ada 3 indiktor penelitian yang menjadi penilaian dalam melakukan penelitian ini: kevalidan, kepraktisan, keefektifan produk. Dalam penelitian ini menggunakan teknik pengumpulan data yaitu teknik Dokumentasi, penyusunan instrument menggunakan skala linkert, dan dalam pengambilan sampel menggunakan teknik sampel sesuai dengan table Krechi.Teknik analisis data digunakan adalah menggunakan teknik mean (rata-rata). Aspek kevalidan, rata-rata yang didapat dari hasil analisis adalah 4,1 dimana sesuai dengan skala penilaian termasuk kedalam kualifikasi baik. Aspek kepraktisan, rata-rata yang didapat dari hasil analisis adalah 4,2 dimana sesuai dengan skala penilaian termasuk kedalam kualifikasi baik. Aspek keefektifan -rata yang didapat dari hasil analisis adalah 3,7 dimana sesuai dengan skala penilaian termasuk kedalam kualifikasi baik. Secara keseluruhan rata-rata yang didapat dari hasil penelitian sesuai dengan kriteria hasil produk adalah 4,dimana sesuai dengan skala penilaian termasuk kedalam kualifikasi baik.

Item Type: Thesis (Bachelor/Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Produk Penelitian Pengembangan, Mahasiswa Teknologi Pendidikan
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education
L Education > LC Special aspects of education
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Teknologi Pendidikan-S1
Depositing User: ANDIN ANDIN
Date Deposited: 25 Apr 2025 08:36
Last Modified: 25 Apr 2025 08:36
URI: https://repository.unp.ac.id/id/eprint/8226

Actions (login required)

View Item
View Item