Rahmani, Rahmani (2016) Pengembangan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) IPA Kelas VIII SMP untuk Menerapkan Model Pembelajaran Inkuiri tentang Materi Getaran, Gelombang, Bunyi, dan Pendengaran, serta Penerapannya dalam Kehidupan. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.
![B1_3_RAHMANI_1201316_3580_2016.pdf [thumbnail of B1_3_RAHMANI_1201316_3580_2016.pdf]](https://repository.unp.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
B1_3_RAHMANI_1201316_3580_2016.pdf
Download (15MB)
Abstract
Salah satu perangkat pembelajaran yang sangat penting dibuat guru adalah rencana pelaksanaan pembelajaran (RPP). RPP yang dianjurkan dalam kurikulum 2013 ialah RPP yang mampu memotivasi peserta didik untuk berpikir kritis melalui pendekatan dan model tertentu. Salah satu pendekatan yang bisa diterapkan ialah pendekatan saintifik, namun selama ini salah satu fase dari pendekatan saintifik yaitu fase menanya belum maksimal terlaksana, karena pertanyaan masih didominasi oleh guru. Untuk mengatasi masalah tersebut maka dalam proses pembelajaran IPA, pendekatan saintifik ini dapat dikolaborasikan dengan model pembelajaran berbasis inkuiri karena salah satu keunggulan model inkuiri ialah mampu memotivasi peserta didik untuk bertanya. Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan RPP IPA Kelas VIII SMP untuk menerapkan model pembelajaran inkuiri tentang materi getaran, gelombang, bunyi, dan pendengaran penerapannya dalam kehidupan. Penelitian ini adalah penelitian pengembangan mengggunakan model FourD. Dalam penilitian ini dibatasi pada 3 tahap, yaitu tahap define, design dan develop. Subjek penelitian ini ialah 2 orang guru IPA SMPN 8 Padang, 3 orang guru IPA SMPN 12 Padang dan peserta didik Kelas VIII.F SMPN 8 Padang, serta peserta didik VIII.5 dan VIII.8 SMPN 12 Padang. Data penelitian ini adalah data primer yang dianalisis dengan statistik deskriptif berupa persentase. Berdasarkan penelitian yang telah dilakukan, rata-rata hasil validasi adalah 90,27% dengan kriteria sangat valid. Hasil pengamatan keterlaksanaan RPP oleh guru adalah 92,71% dengan kriteria sangat praktis. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa RPP IPA Kelas VIII SMP untuk menerapkan model pembelajaran inkuiri yang dikembangakan memiliki kriteria valid dan praktis.
Item Type: | Thesis (Bachelor/Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | RPP, IPA, Inkuiri |
Subjects: | L Education > L Education (General) Q Science > Q Science (General) Q Science > QC Physics |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Biologi-S1 |
Depositing User: | FAUZZIYAH FAUZZIYAH |
Date Deposited: | 25 Apr 2025 06:01 |
Last Modified: | 25 Apr 2025 06:01 |
URI: | https://repository.unp.ac.id/id/eprint/8212 |