Marsal, Jupri (2016) Perbedaan Hasil Belajar Siswa Menggunakan Kombinasi Metode Mencatat Efektif (Catatan Tulis Susun) dan Teknik Operan Kertas Ide dengan Menggunakan Metode Ceramah. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.
![B1_03_JUPRI_MARSAL_1202615_2016.pdf [thumbnail of B1_03_JUPRI_MARSAL_1202615_2016.pdf]](https://repository.unp.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
B1_03_JUPRI_MARSAL_1202615_2016.pdf
Download (12MB)
Abstract
Penelitian ini membahas tentang perbedaan hasil belajar siswa menggunakan kombinasi metode mencatat efektif (catatan tulis susun) dan teknik operan kertas ide dengan penggunaan metode ceramah. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui perbedaan hasil belajar ekonomi siswa dengan menggunakan kombinasi metode mencatat efektif (catatan tulis susun) dan teknik operan kertas ide dengan penggunaan metode ceramah di SMA 1 Nan Sabaris. Jenis penelitian ini kuasi eksperimen dengan teknik pengambilan sampel menggunakan teknik purposive sampling. Kelas X.5 sebagai kelas eksperimen diajar dengan menggunakan metode mencatat efektif (catatan tulis susun) dan teknik operan kertas ide. Kelas X.8 sebagai kelas kontrol menggunakan metode ceramah. Terdapat 30 siswa disetiap kelas. Teknik analisis data yang digunakan adalah uji normalitas, uji homogenitas, dan uji hipotesis menggunakan uji t. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa (1) Hasil belajar kelas X.5 yang diajar dengan metode mencatat efektif (catatan tulis susun) dan teknik operan kertas ide dengan rata-rata 79.19 lebih baik dibandingkan hasil belajar kelas X.8 yang menggunakan metode ceramah dengan rata-rata 74.30. (2) Terdapat perbedaan yang signifikan dengan t h = 6.8599 dan t = 2.02 pada α=0.05 antara hasil belajar ekonomi siswa dengan menggunakan metode mencatat efektif (catatan tulis susun) dan teknik operan kertas ide di SMA 1 Nan Sabaris. Disarankan kepada guru untuk menerapkan kombinasi metode mencatat efektif (catatan tulis susun) dan teknik operan kertas ide dalam pelajaran ekonomi sebagai bentuk variasi metode pembelajaran dan sekolah disarankan melengkapi sarana dan prasarana dalam belajar sehingga dapat menunjang penerapan metode bervariatif bagi guru dalam mengajar.
Item Type: | Thesis (Bachelor/Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Hasil Belajar, Metode Mencatat Efektif, Metode Ceramah, Catatan Tulis Susun, Teknik Operan Kertas Ide |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education P Language and Literature > P Philology. Linguistics |
Divisions: | Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Pendidikan Ekonomi-S1 |
Depositing User: | ANDIN ANDIN |
Date Deposited: | 25 Apr 2025 06:00 |
Last Modified: | 25 Apr 2025 06:00 |
URI: | https://repository.unp.ac.id/id/eprint/8205 |