Pengembangan Modul Tentang Bertoleransi dalam Keberagaman Pada Pembelajaran PPKn di Kelas VII SMPN 12 Padang

Surifa, Surifa (2014) Pengembangan Modul Tentang Bertoleransi dalam Keberagaman Pada Pembelajaran PPKn di Kelas VII SMPN 12 Padang. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[thumbnail of B1_3_SURIFA_17597_3861_2014.pdf] Text
B1_3_SURIFA_17597_3861_2014.pdf

Download (7MB)

Abstract

Dalam pembelajaran PPKn guru masih sering menggunakan metode ceramah pada setiap pertemuannya. Hal ini menjadi faktor penyebab rendahnya minat dan hasil belajar siswa. Salah satu cara yang dapat membantu proses pembelajaran adalah dengan memberikan modul. Modul disusun dan dirancang secara sistematis dalam bentuk khusus yang diberikan kepada siswa sehingga siswa dapat memahami konsep-konsep didalamnya. Karena itu tujuan penelitian ini adalah menghasilkan bahan ajar PPKn berupa modul untuk pokok bahasan “Bertoleransi dalam Keberagaman” pada kelas VII semester II, serta mengevaluasi validitas dan kepraktisan modul. Jenis penelitian ini tergolong penelitian Research and Development(R&D). Penelitian pengembangan modul pembelajaran PPKn ini dikembangkan dengan menggunakan 4-D model yaitu define (perencanaan), design (perancangan), develop (pengembangan) dan disseminate (penyebaran), namun tahap disseminate tidak dilakukan. Modul ini divalidasi oleh 2 orang dosen Jurusan PPKn UNP dan 2 orang Guru PPKn SMP N 12 Padang, sedangkan uji kepraktisan dilakukan oleh 20 orang mahasiswa PPKn UNP dan 64 oarang siswa yang terdiri dari dua kelas VII. 1 dan VII.4 SMP 12 Padang. Data yang dikumpulkan dari penelitian ini adalah hasil validasi modul pembelajaran, dan kepraktisan modul pembelajaran yang dihasilkan. Data yang diambil menggunakan skala likert dan data ini dianalisis dengan analisis deskriptif. Berdasarkan penilaian validator modul dinyatakan valid dari segi materi dan media, sedangakan dari angket siswa dan mahasiswa modul dinyatakn praktis. Selain itu juga dianalisis tingkat pemahaman siswa terhadap materi yang terdapat pada modul melalui latihan-latihan yang menyatakan bahwa siswa dapat memahami konsep bertoleransi dalam keberagaman dengan baik.

Item Type: Thesis (Bachelor/Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Modul, Toleransi, Keberagaman
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial > Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan-S1
Depositing User: MUKHLIS MUKHLIS
Date Deposited: 25 Apr 2025 04:42
Last Modified: 25 Apr 2025 04:42
URI: https://repository.unp.ac.id/id/eprint/8189

Actions (login required)

View Item
View Item