Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Multimedia Interaktif dengan Menggunakan Software Lectora Inspire pada Mata Pelajaran IPA kelas VIII di SMP

Kurnia, Andre (2017) Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Multimedia Interaktif dengan Menggunakan Software Lectora Inspire pada Mata Pelajaran IPA kelas VIII di SMP. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[thumbnail of B1_03_ANDRE_KURNIA_1200386_749_2017.pdf] Text
B1_03_ANDRE_KURNIA_1200386_749_2017.pdf

Download (6MB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi rendahnya minat dan motivasi siswa dalamdalam mengikuti proses belajar mengajar. Selain itu multimedia interaktif sangatjarang digunakan dalam pembelajaran IPA serta guru hanya menggunakan metodekonvensional dengan media seadanya sehingga tidak meningkatkan kadar CBSA.IPA merupakan mata pelajaran yang lebih menekankan pada konsep deskripsimateri, yang mana tidak semua dari materi yang dapat di deskripsikan oleh gurusecara jelas dan kongkrit tanpa bantuan media pembelajaran. Penelitian inibertujuan (1) Menghasilkan media pembelajaran berbasis multimedia interaktifmenggunakan Software Lectora Inspire dalam bentuk media yang berkualitassesuai dengan kriteria kelayakan media. (2) Menghasilkan media pembelajaranberbasis multimedia interaktif yang praktis pada mata pelajaran IPA.Jenis penelitian ini adalah Research and Development(R&D). Prosedurpenelitian pengembangan ini merujuk pada model prosedural Brog & Gall yangdisederhanakan sesuai kebutuhan penelitian. Subjek penelitian ini dilaksanakanpada uji coba terbatas, yaitu pada kelas VIII yang berjumlah 20 orang di SMP N 2Payakumbuh. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah formatpenilaian untuk melihat validasi dari aspek materi dan aspek media melalui 2orang ahli materi dan 2 orang ahli media serta angket yang digunakan dalampelaksanaan uji coba untuk melihat kepraktisan bagi subjek coba. Data di analisissecara deskriptif kuantitatif untuk mengetahui kualitas produk.Hasil uji validitas produk untuk aspek media berada pada kategori“Sangat Baik” dengan persentase nilai yang diperoleh sebesar 94,67% dan untukaspek materi berada pada kategori “Sangat Baik” dengan persentase nilai yangdiperoleh sebesar 89,4%. Selanjutnya, untuk hasil uji kepraktisan produkberdasarkan uji coba yang telah dilakukan berada pada kategori “Sangat Baik”dengan persentase nilai yang diperoleh sebesar 91,6%. Hasil tersebutmenunjukkan bahwa produk multimedia interaktif ini layak digunakan sebagaisalah satu alternatif media pembelajaran dalam mata pelajaran IPA kelas VIIISMP

Item Type: Thesis (Bachelor/Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Software lectora inspire
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Teknologi Pendidikan-S1
Depositing User: AKILMI AKILMI
Date Deposited: 25 Apr 2025 04:42
Last Modified: 25 Apr 2025 04:42
URI: https://repository.unp.ac.id/id/eprint/8187

Actions (login required)

View Item
View Item