Bakhtiar, Suparisman (2012) Manajemen Workshop Teknik Elektro SMK N 1 Pariaman Teknik Instalasi. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.
![B1_3_SUPARISMAN BAKHTIAR_94147_2012_6552.pdf [thumbnail of B1_3_SUPARISMAN BAKHTIAR_94147_2012_6552.pdf]](https://repository.unp.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
B1_3_SUPARISMAN BAKHTIAR_94147_2012_6552.pdf
Download (2MB)
Abstract
Latar belakang masalah penelitian ini didasarkan pemikiran bahwa seiring dengan kemajuan jaman terutama dalam bidang teknologi, harus diimbangi dengan kemampuan sumber daya manusia yang handal agar tidak ketinggalan oleh derasnya kemajuan tersebut. Untuk mewujudkan hal tersebut diperlukan pemikiran, yang terencana dan matang, dilaksanakan dengan mengacu kepada program yang telah dibuat, dan upaya pengawasan yang itensif dan profesional terhadap proses pengelolaan workshop yang dilakukan. Permasalahan pokok dalam penelitian ini : bagaimana manajemen workshop teknik instalasi jurusan elektro SMKN 1 Pariaman, sehingga dapat menghasilkan output yang baik berupa kinerja kegiatan belajar mengajar Penelitian ini bertujuan untuk mendapatkan gambaran tentang perencanaan, pelaksanaan, dan pengawasan proses pengelolaan workshop di Jurusan Elektro Teknik Instalasi. Data tentang pengelolaan workshop dihimpun melalui kegiatan wawancara, observasi, dan studi dokumentasi, kemudian analisis data dilakukan dengan pendekatan kualitatif dan menggunakan metode deskriptif. Data dan informasi dalam penelitian ini diperoleh dari : Kepala Sekolah, Ketua Jurusan, Ketua workshop, Guru praktik, dan kepala sarana. Hasil penelitian ini mewujudkan bahwa secara umum pengelolaan workshop teknik instalasi jurusan elektro dinilai sudah cukup efektif, terbukti dengan adanya keunggulan-keunggulan yang dimiliki, namun disamping itu masih terdapat pula kelemahan-kelemahan sehingga tingkat efektivitas pembelajaran di workshop di nilai belum maksimal. Oleh karena itu masih perlu diadakan perbaikan-perbaikan, terutama aspek : (1) perencanaan, yaitu terutama pada aspek perencanaan tenaga pengelola dan pengembangan kemampuannya; (2) pelaksanaan, yaitu pada aspek pelayanan terhadap kegiatan belajar mengajar dan pelaksanaan fungsi workshop sebagai sumber belajar, dan (3) pengawasan, yaitu pada aspek intensitas/prekuensi pengawasan Ditinjau dari kelemahan-kelemahan yang ada maka perlu dilakukan upaya perbaikan, terutama pada aspek subtansif dari pengelola workshop. Dengan demikian pengelolaan workshop di masa mendatang dapat berlangsung lebih efektif dan menghasilkan output berkualitas dan dapat bersaing dalam dunia kerja
Item Type: | Thesis (Bachelor/Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Manajemen, Workshop |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education T Technology > TK Electrical engineering. Electronics Nuclear engineering |
Divisions: | Fakultas Teknik > Pendidikan Teknik Elektro-S1 |
Depositing User: | MUKHLIS MUKHLIS |
Date Deposited: | 25 Apr 2025 04:41 |
Last Modified: | 25 Apr 2025 04:41 |
URI: | https://repository.unp.ac.id/id/eprint/8179 |