Pelaksanaan Pembelajaran IPS Terpadu di SMP Negeri 1 Padang

Rahmat, Rafela (2016) Pelaksanaan Pembelajaran IPS Terpadu di SMP Negeri 1 Padang. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[thumbnail of B1_3_RAFELA_RAHMAT_11680_1969_2016.pdf] Text
B1_3_RAFELA_RAHMAT_11680_1969_2016.pdf

Download (1MB)

Abstract

Penelitian bertujuan untuk mengetahui tentang bagaimana proses pembelajaran IPS terpadu yang dilaksanakan oleh guru di SMP N 1 Padang, yang terdiri dari proses perencanaan, proses pelaksanaan dan evaluasi pembelajaran. Peneliti juga ingin mengetahui permasalahan yang dihadapi oleh guru IPS terpadu dalam melaksanakan ketiga proses tersebut Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif. Data diperoleh dari guru IPS, Wakil Kurikulum dan siswa kelas VIII di SMP Negeri 1 Padang. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, dokumentasi dan wawancara. Teknik analisis data menggunakan teknik Milles dan Huberman yaitu reduksi data, penyajian data dan dilanjutkan dengan penarikan kesimpulan. Dari data yang didapat di lapangan, tergambar bahwa pembelajaran IPS terpadu yang dilaksanakan oleh guru sudah baik. Perencanaan pembelajaran didapat oleh guru dari rekan-rekan sesama guru IPS di sekolah lain pada kegiatan MGMP. Perencanaan yang didapat tersebut disesuaikan dengan kondisi yang ada di SMP Negeri 1 Padang. Untuk proses pembelajaran IPS terpadu guru menggunakan berbagai macam metode dan media yang telah disediakan oleh sekolah sebagai penunjang pembelajaran. Sedangkan untuk evaluasi pembelajaran, format penilaian yang mencakup penilaian aspek kognitif, afektif, dan psikomotorik sudah disediakan formatnya oleh sekolah sehingga guru tinggal mengisinya sesuai dengan tingkat kemampuan masing-masing individu siswa. Ulangan harian dilakukan setiap beberapa pokok bahasan selesai dijelaskan. Biasanya dilakukan dua kali dalam satu semester dan soalnya dibuat oleh guru. Sedangkan untuk ujian mid dan akhir semester, soal ujiannya dibuat oleh Dinas Pendidikan Kota Padang.

Item Type: Thesis (Bachelor/Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Proses Pembelajaran, IPS, Guru SMP
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education > LB2361 Curriculum
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Teknologi Pendidikan-S1
Depositing User: FAUZZIYAH FAUZZIYAH
Date Deposited: 25 Apr 2025 04:38
Last Modified: 25 Apr 2025 04:38
URI: https://repository.unp.ac.id/id/eprint/8141

Actions (login required)

View Item
View Item