Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Cooperative Script Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Biologi Kelas VIII SMPN 4 Lubuk Alung.

Sudarmaji, Sudarmaji (2013) Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Cooperative Script Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Biologi Kelas VIII SMPN 4 Lubuk Alung. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[thumbnail of B1_3_SUCIANI_OKTISA_96511_6465_2013.pdf] Text
B1_3_SUCIANI_OKTISA_96511_6465_2013.pdf

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini berawal dari kenyataan di sekolah bahwa model pembelajaran yang digunakan oleh guru masih belum sesuai dengan siswa, sehingga siswa kurang berkonsentrasi dalam pemahaman konsep serta kurangnya interaksi antara siswa dengan siswa lainnya dalam belajar Biologi. Hal ini dibuktikan dengan hasil belajar siswa belum mencapai batas kriteria minimum (KKM). Adapun tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh penerapan model pembelajaran Cooperative Script terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran Biologi pada kelas VIII SMP N 4 Lubuk Alung. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif yang bersifat quasy eksperimen. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas VIII SMP N 4 Lubuk Alung, pada tahun ajaran 2011/2012. Teknik penarikan sampel yang dilakukan dalam penelitian adalah dengan purposive sampling yang menjadi sampel adalah siswa kelas VIII 3 (kelas eksperimen) dan siswa kelas VIII 4 (kelas kontrol). Pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan tes hasil belajar berupa soal objektif sebanyak 30 soal. Setelah diperoleh data, dilakukan uji normalitas dan uji homogenitas kemudian barulah dianalisis dengan menggunakan uji-t. Dari hasil penelitian yang dilakukan di SMP N 4 Lubuk Alung pada kelas VIII 3 diperoleh nilai rata- rata (82,78), sedangkan untuk kelas VIII 4 diperoleh nilai rata-rata (68,14). Ini menunjukkan terdapat perbedaan yang signifikan antara kelas eksperimen dan kelas kontrol (t hitung > t tabel ). Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran Cooperative Script pada mata pelajaran Biologi berpengaruh secara signifikan terhadap hasil belajar siswa di SMP N 4 Lubuk Alung.

Item Type: Thesis (Bachelor/Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Model Pembelajaran, Cooperative Script, Hasil Belajar
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Teknologi Pendidikan-S1
Depositing User: MUKHLIS MUKHLIS
Date Deposited: 25 Apr 2025 04:37
Last Modified: 25 Apr 2025 04:37
URI: https://repository.unp.ac.id/id/eprint/8130

Actions (login required)

View Item
View Item