Efektivitas Penggunaan Media Video Pembelajaran Agama Islam Bagi Siswa Kelas III SDN 26 Jati Utara Kota Padang

Perdana, Andika Enriyan (2017) Efektivitas Penggunaan Media Video Pembelajaran Agama Islam Bagi Siswa Kelas III SDN 26 Jati Utara Kota Padang. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[thumbnail of B1_03_ANDIKA_ENRIYAN_PERDANA_11758_1017_2017.pdf] Text
B1_03_ANDIKA_ENRIYAN_PERDANA_11758_1017_2017.pdf

Download (4MB)

Abstract

Berdasarkan pengamatan proses pembelajaran di SD Negeri 26 Jati UtaraKota Padang, ditemui fenomena bahwa masih kurangnya peran serta siswa dalamproses pembelajaran karena guru hanya menggunakan media gambar.Hasil belajarsebagian besar siswa kelas III masih belum mencapai batas kriteria ketuntasanminimal ( KKM ) yang sudah ditetapkan yaitu 70. Untuk mengatasi gejalatersebut, dilaksanakan penelitian dengan membandingkan hasil belajar siswa yangbelajar menggunakan media video dengan yang belajar menggunakan mediagambar. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui keefektifan media videopembelajaran terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran Pendidikan AgamaIslam (PAI) kelas III SD N 26 Jati Utara Kota Padang.Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif yang bersifat kuasieksperimen. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas III SDN 26 JatiUtara Kecamatan Padang Timur Kota Padang yang berjumlah 48 orang yangterdiri dari 2 kelas. Sampel penelitian ini adalah kelas IIIa sebagai kelaseksperimen dan kelas IIIb sebagai kelas kontrol. Masing-masing kelas berjumlah24 orang. Teknik pengumpulan data menggunakan tes hasil belajar berupa soalobjektif sebanyak 30 butir soal serta lembar jawaban siswa, kemudian data hasilbelajar yang diperoleh dianalisis dengan menggunakan uji-t.Hasil penelitian menunjukkan nilai rata-rata kelas eksperimen yangmenggunakan media video adalah 79,25 dan standar deviasi (SD) sebesar 9,89 inilebih tinggi dari nilai rata-rata pada kelas kontrol 66,75 dan standar deviasi (SD)sebesar 9,45. Berdasarkan perhitungan uji-t (t-test) diperoleh thitung 4,4 > ttabel1,6794 berarti terdapat perbedaan nilai hasil belajar yang signifikan pada tarafkepercayaan α 0,05. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa penggunaanmedia video pembelajaran efektif terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaranPAI di kelas III SDN 26 Jati Utara Kecamatan Padang Timur Kota Padang.

Item Type: Thesis (Bachelor/Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Penggunaan media video pembelajaran, Agama islam
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BP Islam. Bahaism. Theosophy, etc
L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Teknologi Pendidikan-S1
Depositing User: AKILMI AKILMI
Date Deposited: 25 Apr 2025 04:37
Last Modified: 25 Apr 2025 04:37
URI: https://repository.unp.ac.id/id/eprint/8129

Actions (login required)

View Item
View Item